Selasa, 21 April 2015

JT 210415 : “Susan Maersk” Vs “Margret Oldendorff” ?


Kabar-kabar yang beredar di dunia maya menyebutkan, kedua kapal komersil ini sempat bertabrakan sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan masing-masing. Kedua kapal tsb, "Susan Maersk" dan "Margret Oldendorff". Hmm ...

Kapal sepanjang 347 meter dan memiliki bobot 110.387 dwt “Susan Maersk” berhadapan dengan kapal sepanjang 300 meter, dengan bobot 208.086 dwt yang tak lain merupakan bulk-carrier “Margret Oldendorff” (menggunakan bendera Libya), kandas di Terusan Suez.

Kedua kapal sedang berlayar beriringan, saat kabut menjelang. Gak dinyana kedua kapal kandas saat bertemu gundukan (deposit) pasir yang terbentuk di sekitar terusan. Hal ini bisa terjadi di wilayah aliran sungai ato terusan.

Untungnya, kapal Susan Maersk gak mengalami kerusakan sama sekali sedangkan Margret Oldendorff sedikit berlubang diatas batas garis air (waterline). Tidak ada laporan korban jiwa maupun polusi akibat insiden tersebut diatas.

Pelayaran terbesar di dunia, “Maersk Line” menyebutkan bahwa kapal sejauh ini baik-baik aja dan laik laut (seaworthy). Nunggu waktu yang pas untuk menarik dari gundukan pasir saat air pasang. Mohon bersabar he he he.

Selama beberapa jam arus di Terusan Suez sempat terganggu namun beberapa waktu kemudian kedua kapal berhasil diapungkan kembali dan bisa meneruskan perjalanan. Terusan Suez merupakan salah satu kanal penting yang menghubungkan Asia dan Eropa.

Susan Maersk (saat kejadian) sedang dalam pelayaran ke Barcelona, dari pelabuhan Tanjung Pelepas, Malaysia sedangkan Margret Oldendorff datang dari Richards Bay, Afrika Selatan. Terus mo kemana ? Ya urusan mereka’lah, keppo banget deh Pembaca hi hi hi.

Jadi, yang benar bukan ada tabrakan. Pas kebetulan keduanya kandas sehingga yang melihat sepintas langsung nge-bully, wooooi ada tabrakan di Terusan Suez. Gampang bener ya bikin heboh di medsos … hadeuuuuuh.

Syukur deh, semuanya berjalan lancar.


Sumber : SN – TR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar