Selasa, 07 April 2015

JT 070415 : Uji Coba KA Pelabuhan Di Surabaya

Niatan pemerintah menyambungkan berbagai moda dalam satu jaringan operasi transportasi makin mendekati kenyataan. Selasa 07/04 telah dilakukan uji coba KA pelabuhan untuk ke-3 kalinya, sebelum peresmian di hari Kamis 09/04.

Rencananya, angkutan kontainer reefer akan menjadi ajang pembuktian bahwa birokrasi bisa dipermudah dan biaya seyogyanya bisa dipangkas. Seberapa efektif dan efisien, semua pihak pasti sedang mengkalkulasi.

Setidaknya, pilihan baru untuk memenangkan persaingan, terbuka lebar. Para pengusaha bisa memilih moda kapal laut, angkutan darat, angkutan udara ato kereta api (KA). Selama ini rute Jakarta – Surabaya p.p didominasi angkutan truk dan sesekali kapal laut.

Uji coba angkutan KA ini dari Stasiun Kalimas Surabaya ke pelabuhan Tanjung Perak dan kembali ke Stasiun Kalimas. Nantinya kontainer yang diangkut dari pelabuhan bisa langsung dikirim ke Jakarta, tanpa harus transit via Stasiun Kalimas lagi.

Tuh khan, sudah memangkas satu rantai biaya. Bayangkan dengan biaya mel-melan, menunjuk pengurus trucking dan lain sebagainya. Mematikan bisnis trucking ? Gak juga ‘lah. Satu rangkaian KA terdiri dari 20 gerbong datar (GD), max 40 TEUs ato 20 FEUs doank.

Ada yang bilang dapat mematikan moda lain ? Dari mana sejarahnya ? Wong kontainer jumlahnya ribuan gitu, mana mungkin dengan kue 40 TEUs mampu merugikan biz trucking ?

Jangan dialihkan alias dipolitisir, isu lesunya order angkutan jalan darat pindah ke angkutan KA gak sepadan jumlahnya. Selama Januari sampe Maret 2015, semua angkutan mengalami pendarahan / kontraksi serius agar bisa tetap “survive”.

Bahwa pemerintah mempunyai ide untuk mengalihkan beban jalan raya di pantura yang sudah krodit, gak salah khan ? Tiap tahun biaya perbaikan jalur pantura menyedot berapa duit tuh ? Kalo buat double-double track, bisa jadi angkutan barang antar-kota antar-propinsi tambah efisien dan saat ber-Lebaran arus mudik lancar tuh.

Bagaimana menurut pandangan Pembaca ? Cukup nyoba ini dulu khan ? Tetap semangat !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar