Kamis, 29 Agustus 2013

JT 290813 : Kapal “Smart” Terbelah Dua


Nun jauh di sebelah selatan benua Afrika, minggu lalu amukan cuaca buruk kembali menelan korban. Kali ini korbannya kapal barang pengangkut batubara “Smart”. Kapal sepanjang 273 meter dan bobot 151.279 dwt.

Kapal na’as ini setelah selesai memuat 147.650 ton di salah satu terminal di Richard  Bay, Afrika Selatan, segera berangkat dan meninggalkan pelabuhan. Namun belum jauh, tiba-tiba mesin kapal mengalami kerusakan.  
Sejatinya, kapal ini akan mengirim batubara dalam jarak pendek. Saat di area bebas dihadang cuaca buruk, kapal mengalami keretakan serius dan keesokan harinya terbelah 2 (dua) hingga akhirnya tenggelam.

Untungnya, seluruh kru kapal yang berjumlah 23 orang berhasil diselamatkan oleh kapal helicopter NSRI. Tidak ada polusi hingga informasi ini diturunkan kecuali bagaimana kelanjutan mengevakuasi kapal Smart dan isinya.

Kita serahkan kepada ahlinya saja, Ikut prihatin dan sebaiknya Anda tahu. Oh iya, insiden dilaporkan tanggal 19/08 lalu. Sebab-sebab kecelakaan masih dalam penyelidikan pihak berwajib !

Sumber : SWL.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar