Minggu, 11 Agustus 2013

JT 110813 : "CIMC" Order Lagi 5 x 8.800 TEUs Untuk "MSC"

Produsen kontainer terbesar di dunia asal RRCina, "Chinese International Marine Containers" (CIMC), melalui afiliasinya CIMC Finance Leasing Hong Kong, minggu lalu memastikan pesanan 5 unit kapal kontainer (compact wide-beam container ships) kapasitas 8.800 TEUs di "New Century Shipbuilding". Rencana kirim tahun 2015 dan penyewa utama : "Mediterranean Shipping Co." (MSC).

Kontrak jangka panjang dengan MSC selama 17 tahun, dengan harga sewa USD 25.000 per hari. Usai masa kontrak, MSC mempunyai opsi membeli kapal tersebut seharga USD 21,5 juta di akhir masa kontrak. Detil kontraknya belum turun semua tetapi garis besarnya seperti itu. Oh ya, harga kapal per unitnya saat ini USD 85 juta ato nilai total transaksinya USD 425 juta.

Bagi CIMC, perjanjian 5 kapal baru ini merupakan yang ke-3 kalinya dan MSC menerapkan strategi sewa jangka panjang.

Sebelumnya, di bulan September 2012, CIMC membangun 10 x 9.200 TEUs untuk kepentingan CMA CGM. Enam unit dipesan di galangan "Dalian New Shipbuilding" sedangkan 4 unit lainnya diberikan ke pihak STX Dalian namun berhubung sejak Juni lalu STX Group mengalami kesulitan keuangan sehingga order ini dilimpahkan ke New Century Shipyard.

Bulan lalu, CIMC bersepakat dengan MSC membangun 7 x 8.800 TEUs compact-wide beam di Dalian New Shipbuilding, RRCina. Yang ngorder CIMC loh ya. MSC penyewanya. Dengan perjanjian terkini, CIMC menempatkan kembali pesanannya di New Century. Total pesanan untuk 2 pelayaran besar MSC dan CMA CGM berjumlah 22 unit !

Luar biasa memang. Baru masuk biz ship-owning ehh langsung melejit dan yang menggandeng pelayaran berskala global.

MSC bakal dapat 12 unit dan CMA CGM dapat 10 unit 9.200 TEUs. Menurut pengamat, kapal-kapal yang dipesan CIMC didisain dan dikembangkan oleh tim internal CIMC sebagai upaya CIMC untuk menjadi NOO berkelas.

Berdasarkan catatan, order pihak MSC termasuk yang paling besar dibanding pelayaran lain di dunia ini dan tergolong agresif dalam kepemilikan kapal baru, termasuk juga kapal sewa. Pelayaran blasteran Swiss-Italia ini memang mendominasi serial kapal 13.000 - 14.000 TEUs serta 9.000 TEUs. Aje gile deh.

Kedepannya, semua pelayaran mencari kapal yang memiliki fleksibilitas serta memiliki kelebihan-kelebihan dibanding pelayaran pesaing. Draft moderat dan minimal punya 1.000 reefer-plug itu sebagai salah satu ukurannya.

Wooow ... Mantabz banget ya. Ada yang minat menyaingi CIMC ? Kudu kuat fulus dan strateginya 'lah. Cuma modal duit doank juga kapal bisa mangkrak. Xi xi xi gampang-gampang susah ya ? Congrats deh buat CIMC.


Sumber : LV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar