Jumat, 02 Agustus 2013

JT 020813 : "Maersk Line" Tingkatkan Kapasitas

Seiring masuknya kapal-kapal lebih gede dari yang ada sekarang ato sering disebut ultra-large containership (ULCS), Maersk Line bakal merevisi rute-rute utama, berbarengan dengan masuknya kapal tipe "triple-E" di AE10 dan menggeser kapal kelas 8.000 TEUs hingga 13.000 TEUs dan diatasnya, ke AE2.

Pergeseran ini pastinya sudah diperhitungkan dengan matang, mengingat Maersk memesan 20 unit kapal triple-E. Jadi secara perlahan kapal-kapal gede yang ada di AE10 bakal bergeser ke AE2, demikian juga armada ex AE2 akan bergeser ke servis lain, yang lebih memerlukan peningkatan kapasitas dan masih prospektif di mata Maersk.

Kapal pertama triple-E yakni "Maersk Mc-Kinney Moller" berkapasitas 18.270 TEUs menjadi kapal kontainer terbesar saat ini, dan akan disusul "Majectic Maersk" dan "Mary Maersk". Saat ini, AE10 diperkuat armada kapal buatan Odense (milik Maersk) sebanyak 8 unit + 4 unit kapal sewa 13.092 TEUs buatan Hyundai. Total 12 unit kapal, dan kini diperbesar kekuatannya. Wooow banget deh ya.

"Maersk Mc-Kinney Moller" bakal menggeser "Maersk Elba" (13.092 TEUs) ke AE2 dan selanjutnya, "Majestic Maersk" mendorong "Maersk Eubank" dan kapal ke-3 generasi EEE "Mary Maersk" menggeser "Maersk Edmonton" ke AE2 semua. Ketiga kapal ini termasuk kelas E dengan kapasitas 15.500 TEUs dengan pelopor perdananya, "Emma Maersk".

AE2 yang secara perlahan mengalami peningkatan kapasitas, nantinya mengoperasikan 11 unit kapal gede dengan rotasi 77 hari. Rute pelabuhannya sbb: Hamburg - Antwerp - Felixstowe - Terusan Suez - Singapura - Busan - Hakata - Dalian - Tianjin (aka Xingang) - Qingdao - Ningbo - Shanghai - Hong Kong - Yantian (Shenzhen), Tanjung Pelepas , Terusan Suez - Le Havre - Rotterdam - Bremerhaven.
  
Untuk info lebih detil, silahkan kontak kantor perwakilan Maersk terdekat. Congrats ya.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar