Jumat, 16 Agustus 2013

JT 160813 : Kapal "Trans Summer" Tenggelam


Kondisi  alam yang kurang bersahabat bisa mengakibatkan tenggelamnya kapal komersial bermuatan biji nikel, dan ini bukan kali pertama terjadi. beberapa hari lalu, sebuah kapal niaga berbobot 56.824 dwt dengan panjang 190 meter "Trans Summer" dikabarkan tenggelam dekat perairan Hong Kong setelah disapu gelombang 15 meter.

Dengan kecepatan angin mencapai 90 kilometer per jam, yang disebabkan oleh topan "Utor", kapal terisi air dengan cepat dan menggeser kargo sehingga kemudian mengakibatkan kapal tenggelam. Untungnya, 21 kru kapal berhasil menyelamatkan diri setelah meraih pelampung, rakit sementara maupun ada yang meloncat dari kapal saat kondisi tengah terhempas.



Sebelum meninggalkan kapal, kru sempat mengirmkan pesan meminta bantuan dan direspon pihak otoritas terkait dengan mendatangkan 2 (dua) unit helikopter ke lokasi kejadian. Kondisi kapal saat itu, sedang dalam perjalanan dari Indonesia menuju RRCina membawa komoditi biji nikel. 

Belum ada laporan detil mengenai insiden tersebut diatas namun semua kru berhasil diselamatkan menggunakan 2 unit helikopter penyelamat tadi. Sebab-sebab kejadian dalam penyelidikan pihak berwenang. Ikut prihatin deh.


Sumber : SWL.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar