Kamis, 01 Agustus 2013

JT 010813 : "Seaspan Corp." Pesan 5 x 14.000 TEUs Di HHI


Non-operating owner (NOO) yang memiliki 2 (dua) markas di Kanada dan Hong Kong, "Seaspan Corp.", hari Senin 29/07 memastikan bahwa pihaknya menambah order 5 x 14.000 TEUs di salah satu galangan kapal ternama di Asia, belakangan diketahui Hyundai Heavy Industries (HHI), Korea Selatan. Sebenarnya belum dipastikan kapasitas berapa yang dipesan dan siapa yang bakal menyewa kapal ini ?

Dalam laporan keuangan kuartalan Seaspan baru-baru ini, pesanan diatas disetujui tgl 19/07 lalu dan rencana pengiriman tahun 2015. Total nilai transaksi USD 550 juta ato USD 110 juta harga per unitnya. Seaspan berharap bisa menggandeng global operator yang bisa menyewa untuk jangka waktu lama (long-term charter).

Awalnya, Seaspan digandeng "Yang Ming" (YML) untuk membangun 5 unit kapal 14.000 TEUs di HHI. Di saat bersamaan, Seaspan memang memiliki opsi menambah 5 unit lagi. Pengamat memprediksi jangan-jangan ke-10 kapal ini semuanya buat Yang Ming namun pelayaran Taiwan tersebut menampik.

Timbul spekulasi. Akankah YML menjalan strategi kemitraan menyewakan unitnya kepada mitra kerjanya di aliansi CKYH sebagaimana OOCL + NYK dan APL + MOL dimana OOCL dan APL merupakan pemilik kapalnya dan NYK serta MOL sebagai penyewa jangka panjang.

Omong punya omong, kayaknya YML bakal menyewakan 5 unit tambahan ke "K" Line sebagaimana ditempuh oleh OOCL + NYK, misalnya. Namun untuk diketahui, Maret lalu pihak "K" Line memastikan order 5 x 13.900 TEUs di galangan Imabari Koyo Dockyard. Bila benar, "K" Line akan menjadi pelayaran Jepang pertama yang memesan langsung ultra-large containership (ULCS).

Bila kemungkinan diatas gugur, maka ada alternatif kapal ini akan disewakan ke pihak UASC yang beberapa waktu lalu, menggelontorkan dana besar untuk membangun armada kapal 14.000 TEUs dan 18.000 TEUs. Masih banyak kemungkinan lain. Ada baiknya menunggu waktu yang tepat untuk mengetahui tambahan 5 x 14.000 TEUs ini sebenarnya disewa siapa nantinya ?

Take care.


Sumber : SN-TR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar