Senin, 12 Agustus 2013

JT 120813 : “Maersk McKinney Moller” Lewati Suez


Mesir boleh bergolak saat Presiden Morsi diturunkan secara paksa dari kursi kepresidenan, hingga hari ini. Namun perekonomian negeri yang terkenal dengan Piramida-nya, harus konsisten menjaga kepentingannya agar tidak terusik oleh pihak pendemo.

Alkisah, kapal kontainer terbesar di dunia saat ini milik pelayaran Denmark, “Maersk Line”, hari Jumat 09/08 ato bertepatan dengan Lebaran hari ke-2 di bulan Syawal 1434 H di republik ini, melintasi Terusan Suez.



“Maersk McKinney Moller” yang memiliki kapasitas 18.000 TEUs dan masuk kategori triple-E versi Maersk Line, tengah melaksanakan perjalanan perdana dari Asia menuju Eropa dan memecahkan rekor sebelumnya yang sempat dipegang oleh pendahulunya, “Emma Maersk” (15.500 TEUs). 

Maksudnya, kapal seri triple-E memiliki kapasitas 16 persen lebih besar ketimbang Emma Maersk sehingga rekor yang selama ini dipegang oleh Emma Maersk, berhasil digeser oleh Maersk McKinney Moller.

Sebelum melintas, kepala Suez Canal Authority (SCA), Mohab Mamish, memerintahkan anak buahnya mengecek setiap kemungkinan yang bakal terjadi dan memeriksa kapal sepanjang 400 meter, untuk menghindari insiden Emma Maersk tempo hari.

Bulan Februari 2013, kapal Emma Maersk sempat mendapat masalah, saat ruang mesin mengalami kebanjiran sehingga sempat menghembuskan isu kurang sedap. Emma Maersk kandas dan tenggelam di Terusan Suez. Kontan pihak Maersk membantah dan melakukan evakuasi secepatnya.

Sesuai info terdahulu, bila tak ada aral melintang, Emma Maersk siap berdinas kembali mid-Agustus ini, setelah menjalani perbaikan di salah satu galangan di Italia. Congrats. Tambahan info, kapal ke-2 kelas triple-E beum lama ini diluncurkan, menyusul Maersk McKinney Moller.

Liputan peluncuran “Majestic Maersk” (2nd triple-E containership) menyusul.


Sumber : SN-TR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar