Minggu, 18 Agustus 2013

JT 180713 : “MSC”, “CSCL” + “NYK” Peroleh Kapal Baru

Penghujung Juli 2013, guyuran kapal kontainer anyar terus menghujani industri maritim global. Bila kondisi perekonomian normal dan kebutuhan akan ruang kapal (space) ada, gak masalah. Repotnya, kondisinya kontradiktif sehingga dikhawatirkan akan saling menghantam satu pelayaran dengan yang lainnya.

Akhir minggu ini, tercatat 3 (tiga) pelayaran besar mendapat kiriman kapal baru: “MSC” (Italia-Swiss), “CSCL” (RRCina) dan “NYK” (Jepang). Kapasitas bervariasi namun dominasi kapal baru, ukuran besar ato kecil akan menambah beban alokasi masing-masing pelayaran.

Yang pertama MSC (Mediterranean Shipping Co.). Pelayaran ke-2 terbesar di dunia setelah Maersk Line ini dikenal cukup berambisi untuk mengambil-alih trofi gelar "terbesar" dalam kompetisi pelayaran global. Diakui ato tidak, bisa dilihat dari manuver taktis dan strategis MSC di berbagai tingkatan, mulai pembangunan kapal baru, pemilihan aset terminal via TIL maupun kerjasama aliansi strategis yang di bangun seperti "P3".

Alkisah, MSC melansir niatnya membangun armada kapal 8.800 TEUs di tingkat awal. Dari total 4 unit, MSC membangun 2 unit dan sisanya diadakan oleh Costamare (sebagai non-operating owner / NOO) dengan masa kontrak 10 tahun.

Kapal yang dibangun Costamare sudah jadi dan siap operasi, yakni : "MSC Athens" dan "MSC Athos". Dua sisanya yang bakal dibangun MSC diserahin ke NOO juga, Zodiac Maritime (MSC Edna, kapal ke-3) punya anaknya Samuel "Sammy" Ofer yang mengontrol Zim Line dan kini anaknya mewarisi tradisi bapaknya mendirikan NOO yang bermarkas di London (Zodiac Maritime) dan Singapura (Eastern Pacific Shipmanagement).

Kapal ke-4 "MSC Agrigento" juga dikontrol Zodiac Maritime. Idal Ofer dan Eyal Ofer merupakan anak-anak Sammy namun kini secara perlahan namanya cukup diperhitungkan.

Info ke-2 datang dari dapur "China Shipping Container Lines" (CSCL), yang baru saja mendapatkan kapal "Xin Hui Zhou" (4.738 TEUs) dan merupakan kiriman terakhir dari total 8 unit yang dipesan dari galangan Jiangnan Changxing Shipbuilding, RRCina.

Awalnya, CSCL memesan kapal ini dengan panjang 260 meter (panamax-beam vessel) dengan intake capacity 4.250 TEUs namun ditengah perjalanan ditawar dan direvisi agar memiliki daya tampung gedean dikit. Kapal ini rencananya dipake untuk jalur domestik Cina. Gituuuuuu.

Yang terakhir, datang dari NYK / OOCL. Samsung Heavy Industries (SHI) mengirimkan kapal anyar "NYK Hermes" (13.208 TEUs) dan merupakan kapal ke-6 dari total 10 unit neo-overpanamax pesanan OOCL yang dipesan di bulan Maret 2011 lalu.

Juni lalu, OOCL baru saja mendapatkan "OOCL Chonqing". Porsi kapal baru ini akan dibagi 6 unit buat OOCL dan 4 unit diperuntukkan NYK (disewa). OOCL dan NYK merupakan mitra kerja di aliansi strategis Grand Alliance (G.A) maupun G6.

NYK Hermes akan menggantikan posisi APL Le Havre (10.070 TEUs) di Loop 4 G6 dan APL Le Have bergeser ke Loop 7 G6. Kapal baru ini memiliki panjang total 366,47 meter dan lebar 48,20 meter (19 row). Mesin utamanya menggunakan MAN B&W12S90ME-C9.2.

Congrats all.


Sumber : LV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar