Senin, 19 Agustus 2013

JT 190813 : Kapal “Sinar Panjang” Vs "TB Mitra Jaya 1” Di Banjarmasin

Minggu malam 18/08, sebuah kapal kontainer milik pelayaran lokal PT. SSS, “Sinar Panjang”, bertabrakan dengan tugboat “Mitra jaya 1” di perairan alur sungai Barito, Banjarmasin. Puluhan kontainer dikabarkan terjatuh dan tenggelam.

Info yang dihimpun dari “Media Indonesia”, peristiwa tabrakan antara kapal kontainer “Sinar Panjang” yang membawa 200 kontainer  dengan “TB Mitra Jaya 1” yang membawa bahan bakar minyak (BBM) terjadi pada spot (buoy) 4 alur Barito sekitar pukul 19.30 WITA.

Penyebab tabrakan masih dalam penyelidikan pihak-pihak terkait namun kapal Sinar Panjang dikabarkan tengah berlayar menuju Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin untuk melakukan pembongkaran kargo ex Jakarta.

Guna  mempercepat proses evakuasi, alur Barito ditutup untuk sementara waktu. Kapal tongkang dikabarkan mengalami kerusakan serius sedangkan Sinar Panjang mengalami luka ringan namun sejumlah kontainer tercebur ke sungai dan tenggelam.

Untuk keselamatan pelayaran, maka dilakukan penutupan alur dan otoritas pelabuhan langsung melakukan proses evaluasi sesegera mungkin. Ikut prihatin dan semoga cepat tuntas penanganannya.


Sumber : Media Indonesia – Metro TV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar