Sabtu, 17 Agustus 2013

JT 170813 : "CMA CGM" + "Marfret" Tingkatkan Servis "Panama Direct"

Pelayaran Perancis, "CMA CGM" dan "Marfret" bakal meningkatkan layanan yang menghubungkan Eropa ke Selandia Baru (New Zealand / NZ) via "Panama Direct". Servis ini melintas Terusan Panama dengan perhentian di Amrik pantai timur, Karibia dan Kepulauan Pasifik.

Mulai September 2013 mendatang, dimulai dengan pemberangkatan kapal "CMA CGM Manet" ETD Tilbury 18/09/13 dan frekuensinya menjadi mingguan, sebelumnya servis ini dilayani per 2 (dua) mingguan. Kapasitas CMA CGM Manet 2.226 TEUs. Nantinya, Panama Direct bakal mengoperasikan 6 (enam) kapal berkapasitas antara 2.226 TEUs hingga 3.104 TEUs dengan rotasi sekitar 84 hari.

Untuk bisa menjaga servis ini berputar secara mingguan (weekly fixed-day sailing), dibutuhkan kapal dari 6-7 menjadi 13 unit. Dari 2 mingguan menjadi mingguan. Gitu. Semacam upgrading tapi secara logika CMA CGM sedang kelebihan kapal, bisa jadi gak masalah tuh untuk memenuhi alokasi kebutuhan kapalnya.

Marfret maupun ANL kabarnya bakal menyumbang masing-masing 1 (satu) kapal aja dan sisanya bakal ditutup oleh CMA CGM. Sehubungan dengan adanya perubahan ini, maka rotasi pelabuhan Panama Direct di westbound bakal mampir di Cartagena (Kolombia), menggantikan Manzanillo (Panama) serta per tgl 15/11 akan masuk pula ke Lyttelton.

Rotasi lengkap Panama Direct sbb: Tilbury - Rotterdam - Dunkirk - Le Havre - New York - Savannah - Kingston - Cartagena - Terusan Panama - Papeete - Lautoka - Noumea - Sydney - Melbourne - Tauranga - Napier - Tauranga - Lyttelton - Terusan Panama - Manzanillo - Kingston - Savannah - Philadelphia - Tilbury.

Pelayaran Perancis ini dikenal sering menembus wilayah unik untuk membuka daerah dagang baru, seperti halnya Panama Direct ini. Congrats ya.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar