Kamis, 24 Februari 2011

JT 240211 : CSCL Star Jajal Felixstowe

Pelabuhan kontainer terbesar di Inggeris Raya, Felixstowe (FXT) dijajal dengan kehadiran salah satu kapal terbesar saat ini, CSCL Star milik operator RRCina China Shipping Container Lines (CSCL). Port of Felixstowe dioperasikan oleh Hutchison Group asal Hong Kong.

FXT kabarnya berhasil memperpanjang dermaga 8 dan 9 hingga 730 meter, dengan kedalaman 15 meter. Kapal CSCL Star memilik kemampuan 14.100 TEUs dan tengah menjalankan misi perjalanan perdana (maiden voyage). Tahun 2011, CSCL berharap bakal mendapat 5 unit kapal sekelas.

Menurut media International Freighting Weekly (IFW) yang bermarkas di London, CSCL Star memiliki panjang total 366 meter, lebar 51 meter dan max draft 14,5 meter. Jadi masih terakomodasi dengan baik oleh FXT.

Bahwa tren penggunaan ultra-large container vessel (ULCV) atau kapal gede (ka-ge)  terus membumbung di Asia - Eropa, bukan hal yang aneh. Justru kelaziman bila mendapati kapal baru dan memilik kapasitas “waaah”, muncul di rute ini.

Kedepannya, bisa dipastikan AE akan dipenuhi ka-ge canggih dan kesiapan pelabuhan menjadi tolok ukur keberhasilan aktifitas muat bongkar di kemudian hari.

Ayooo berbenah terus kalo ingin bertahan.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar