Rabu, 23 Februari 2011

JT 230211 : Maersk Order Kapal 18.000 TEUs

Isu-isu yang sempat beredar beberapa waktu lalu, ternyata benar adanya. Artinya, isu bergulir menjadi fakta donk. Ya, ngga masalah sepanjang ada bukti. Buat kompetitor ? Bisa bikin ciut nih he 3x. Maklum yang bakal nongol suatu tontotan spektakuler.

Raksasa transportasi laut, Maersk Line memastikan berita simpang-siur sebelumnya terendus dengan baik. Buktinya, rumor kapal 18.000 TEUs terbukti benar walau afiliasi APMM pada saat itu menolak berkomentar. Dalam hati, siakul juga bocor.

Pelayaran nomor satu didunia ini kabarnya memesan 10 x 18.000 TEUs dan kembali masuk kategori terbesar. Opsi tambahan bisa menambah 20 unit bila dikekehendaki. Masa pengiriman : antara tahun 2013 hingga 2015. Galangan yang dipilih DSME, Korea Selatan.

CEO Maersk Line, Eivind Kolding menegaskan, kapal ini akan mewakili sisi terkini di era pembangunan kapal moderen. Maersk Line menyebutnya Triple-E class, maksudnya dioperasikan sesuai skala ekonomis (“Economy” of scale), efisien dalam pemanfaatan energi (“Energy” effiency) dan senantiasa bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan (“Environmentally” improvement).

Asal tahu aja, Maersk Line membuat kapal Emma Maersk yang memiliki kapasitas 13.000 TEUs dan disebut-sebut sebagai kapal terbesar. Namun pengamat martim meragukan pernyataan kapal Emma dan saudara kembarnya, memiliki kemampuan 13.000 TEUs.

Bahwa kapal Triple-E memiliki kapasitas 16% dibanding kapal Emma Maersk membuktikan bahwa sebenarnya kapal tersebut mendekati 14.000 TEUs namun sebutan bahwa kapal teranyar nanti 2.500 TEUs lebih besar dari Emma, artinya ukuran seharusnya Emma adalah 15.500 TEUs.

Padahal berulangkali Maersk Line menyebut Emma 13,000 TEUs. Bila Triple-E benar-benar berstatus 18.000 TEUs maka selisih 2.500 TEUs secara tidak langsung mengakui ukuran sebenarnya Emma Maersk adalah 15.500 TEUs. Kena deh !

Secara ukuran, sebenarnya ngga jauh beda. Ukuran semuanya (all directions) hanya lebih besar 3 meter saja. Panjang kapal Triple-E 400 meter dibanding Emma Maersk 397, beam 59 dibanding Emma 56 dan draft 16,5 dibanding Emma 16

Harga satuan kapal anyar ini sekitar USD 190 juta atau setara dengan 5,7 milyar bila Maersk menghendaki 20 unit. Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME) selaku shipyard yang ditunjuk,  pantas bangga akan menjadi perintis kapal dengan rekor terbesar dalam sejarah kapal niaga.

Kehadiran Triple-E pasti menambah semarak persaingan industri pelayaran. Gileee, maujud juga. Eng ing eng ... glodaaak.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar