Kamis, 03 Februari 2011

JT 030211 : Sikon Mesir Dan Suasana Imlek

Situasi dan kondisi (sikon) terkini di Mesir membuat khawatir banyak pihak, termasuk insan pelayaran. Beberapa pelayaran bahkan menghindari negeri yang terkenal dengan Mummi dan Piramida, hingga kondisi perekonomian dan politik pulih.

Operasi pelabuhan di Damietta dan Alexandria mengalami tekanan hebat akibat krisis kepemimpinan yang menghendaki turunnya Presiden Husni Mubarak karena dianggap terlalu lama berkuasa, hampir 30 tahun lebih. Butuh penyegaran Bro’.

Maersk Line mengumumkan penghentian sementara operasi di Port Said sedangkan Hanjin Shipping (HJS) merevisi sejumlah rute yang melewati Mesir. Namun aktifitas perlintasan Terusan Suez sejauh ini ngga terpengaruh.

Seperti diketahui, pemerintah telah menempatkan pasukan militer di lokasi-lokasi strategis untuk melindungi aset, semisal jaringan pipa minyak yang menghubungkan Laut Merah hingga Mediterania. Mubarak sudah keenakan duduk, sampe lupa berdiri. Termakan iklan kali yeee he 3x.

Untungnya, kargo dari Asia sedang menurun sehingga kapal-kapal yang melintas ngga sebanyak dalam kondisi normal. Maklum warga Cina di seluruh dunia tengah merayakan Tahun Baru Imlek dan semua pabrik di RRCina tutup selama 2-3 minggu. Sepi dan kapal banyak yang parkir.

Nah, bagi yang tengah merayakan Imlek (Chinese Lunar New Year), enjoy aja. Baltic Dry Index (BDI) mencatat harga sewa tanker masih lumayan namun untuk sektor kontainer awal tahun 2011 memasuki masa agak sulit, padahal tahun 2010 lalu boleh dibilang bagus.

Tahun ini, selain adanya kondisi khusus di kawasan Timur Tengah dan Afrika utara (Yaman, Mesir dan Tunisia), waspadai harga minyak melambung, juga antisipasi masuknya kapal-kapal gede (ka-ge)  pesanan tahun-tahun sebelumnya.

Jadi, bersiaplah menghadapi situasi sulit lagi. Tahun 2009 bisa dibilang tahun sulit karena krisis moneter muncul, namun secara menakjubkan di tahun 2010 industri pelayaran mendapat kesempatan mengisi kocek hingga kembali untung (back into black).

Ini tahun 2011 Bung, so stay tune. Selamat datang di Tahun Kelinci.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar