Selasa, 01 Februari 2011

JT 010211 : Pendiri Costamare Wafat Di Usia 75

Vassilis Konstantakopoulous, pendiri Costamare Shipping dan salah satu tokoh penting industri perkapalan Yunani, berpulang pada usia 75 tahun setelah menderita sakit yang cukup lama.

Memulai karirnya sebagai kelasi di tahun 1953, debut kehidupan membawanya menjadi seorang juragan kapal seperti sekarang ini, Vassilis mendirikan Costamare di tahun 1974 sebagai operator kapal konvensional.

Perusahaannya berkembang pesat setelah membeli 1 unit kapal kontainer model lama di tahun 1980-an. Disaat itu, jarang pemilik kapal Yunani yang berkiprah di industri kontainer. Mayoritas main di sektor tanker, bulk dan general cargo (GC).

Tahun 1998 Vassilis menggebrak dunia dengan pesanan kapal post-panamax dari Korea Selatan. Costamare memesan 5 x 6.500 TEUs dan pada saat itu termasuk kapal terbesar yang dipesan oleh komunitas non-pelayaran (non-operator).

Costamare termasuk yang adaptif dalam mengelola tonase kapal sewanya. Salah satu client pendukungnya MSC memiliki kontrak terkini 3 x 9.000 TEUs (long-term chartered). Lantas siapa penerus selanjutnya ya ?

Costamare sudah masuk lantai bursa di New York Stock Exchange di bulan November lalu dan kini kemudi perusahaan mendiang ayahnya dikendalaikan oleh putera teruanya, Kostis Konstantakopoulos.

Dua anaknya yang lain juga ikut terjun dalam bisnis yang ditekuni ayahnya. Seberapa sukses Costamare dibawah kendali putera mahkota ? Stay tune ...

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar