Rabu, 02 Februari 2011

JT 020211 : Hanjin Untung, Jaxport Mundur

Pelayaran Korea Selatan, Hanjin Shipping (HJS), membukukan net profit USD 229 juta di tahun 2010 dan menjadikan dirinya salah satu pelayaran dengan profit cukup besar. Tahun 2009 lalu, HJS merugi USD 1,09 milyar.

Revenue 2010 naik 44,9% (USD 8,1 milyar) dengan kontribusi 52,4% (USD 6,7 milyar) merupakan kontribusi divisi kontainer sedangkan sektor bulk hanya naik 17% (USD 1,3 milyar). HJS menggambarkan perbaikan ekonomi dunia memberikan sumbangsih besar.

Agar lebih fokus, HJS tetap memprioritaskan efisiensi dan pengurangan biaya yang ngga perlu (cost-cutting) serta mendahulukan pasar yang tengah berkembang (emerging market) agar profit yang diraih di tahun 2010 dapat semakin membaik di 2011.

Kabar kurang baiknya bagi HJS adalah molornya konstruksi terminal kontainer baru yang dikelola Jacksonville Port Authority (Jaxport). Terminal yang terletak di North Jacksonville ini peruntukkannya bagi operasi kapal-kapal HJS dan anggota aliansi strategis CKYH.

Waktu pemunduran 2 (dua) tahun dan selama waktu tersebut, akan dilakukan pengerukan dan pendalaman alur sehingga kapal post-Panamax dengan kedalaman 48 kaki bisa diakomodasi. Hal ini terkait dengan pembukaan Terusan Panama (ekspansi) di tahun 2014 mendatang.

Kita ikuti terus perkembangannya ya. Maklum monitor kabar nun jauh disana perlu usaha khusus he 3x. Enjoy your week-end and God bless you all.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar