Sabtu, 05 Februari 2011

JT 050211 : Ka-ge 35.000 TEUs Bisa Lewati Selat Malaka

Tempo hari, saat Maersk Line digosipin bakal bikin kapal gede (ka-ge) 18.000 TEUs, industri pelayaran dibuat heboh lagi karena banyak kekhawatiran muncul. Ngga cuma persaingan bertambah sengit, bahkan menimbulkan pertanyaan serius, apakah semua pelabuhan besar dunia sudah siap ?

Eh eh eh ... maksudnya siap gimana neh ? Ya, siap mengakomodir kehadirannya sehingga kapal ini bisa muat dan bongkar seperti layaknya kapal saat ini yang beroperasi (terbesar antara 13.000 dan 14.000 TEUs). Perbedaan draft dan daya jangkau crane yang dibutuhkan akan berbeda dengan yang ada.

Untuk rutenya sendiri, analis dari Perancis, Alphaliner, menyebutkan bahwa kapal sekelas 18.000 TEUs ngga akan sulit melewati Selat Malaka. Lantas Terusan Panama tengah berekspansi diri namun apakah sanggup dilewati ka-ge ini masih belum jelas.

Perkiraan Alphaliner, ka-ge hingga 35.000 TEUs bisa melewati Selat Malaka. Masalahnya, seberapa efisien dan produktifnya ka-ge bila dioperasikan dan semua infra-struktur harus dibenahi terlebih dulu. Akan melibatkan banyak pihak dan biaya besar.

Asumsi tersebut didasarkan pada, kapal bulk ataupun tanker yang saat ini lalu-lalang, dengan kapasitas 240.000 dwt atau setara dengan draft 21 meter masih oke-oke aja tuh. Nah andai dikonversi ke kapal kontainer maka ukuran tersebut mendekati angka 35.000 TEUs.

Kedepannya, apakah akan ada ka-ge 35.000 TEUs ? Masih tanda tanya besar. Belum ada satu pun shipyard yang membuat disain segede itu. Kalo ditanya mungkin atau ngga-nya, apa sih yang mungkin di dunia ini he 3x ... Suatu hari, siapa tahu. Tapi kapan, gitu ‘loh.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar