Kamis, 24 Desember 2020

JT 241220 : Matson Dapat Kapal Con-Ro 3.600 TEUs

 

Pelayaran kebanggaan Amrik, Matson Inc. baru saja menerima kapal baru Matsonia yang berkapasitas 3.600 TEUs dan merupakan kapal ke-2 yang diserahterimakan di kelas Kanaloa, jenis con-ro ato tipe kombinasi container roro.

Kapal ini dibuat di galangan kapal General Dynamics NASSCO Amrik dan Matson memesan 4 (empat) unit. Kapal ini masuk kategori kapal cepat karena bisa mencapai kecepatan 23 knots.

Di pantai barat Amrik (U.S West Coast), Matson memiliki 3 (tiga) terminal di Tacoma, Oakland + Long Beach. Matson membutuhkan kapal agak cepat supaya bisa memenuhi lead-time yang dituntut oleh para Pelanggan setianya.

Dua kapal lainnya sekelas ini ini dibangun di galangan kapal berbeda, yakni Philly Shipyard dan sudah beroperasi terlebih dulu, Daniel K Inouye + Kaimana Hila. Merujuk Jones Act, kapal2 ini merupakan jenis kapal terbesar yang pernah dibangun di Amrik.

Matson membelanjakan sekitar USD 1 Milyar untuk membangun 4 kapal ini setara USD 930 juta sedangkan sisanya USD 60 juta untuk menyempurnakan / memodernisasi terminal di Sand Island, Honolulu, Hawaii.

Chairman & CEO Matson, Matt Cox menyampaikan penempatan 4 kapal baru di jalur ke Hawaii merupakan perencanaan + koordinasi sejumlah departemen terkait selama 8 tahun, demi kejayaan beberapa dekade kedepan.

Good luck !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar