Selasa, 01 Desember 2020

JT 011220 : Pelayaran Sibuk Cari Kapal Multiguna

 

Di saat kondisi pelayaran sedang kekurangan kontainer kosong (MTY Boxes), banyak pelayaran berbasis kontainer sekalipun sibuk mencari kapal2 multiguna / multi-purpose vessel.

Media riset Alphaliner, menyebut sejak harga sewa kapal2 meroket dalam beberapa bulan ini membuat pelayaran mencari alternatif lain. Kelebihan yang dimiliki muti-purpose vessel (MPV) yakni kecepatan serta bisa memuat kontainer tinggi.

Menurut Broker Braemer ACM, sewa kapal kontainer secara time charter mengikuti BOXi index berada di kisaran 118,64 point, ato boleh dibilang 2x lebih tinggi dibanding kondisi di awal tahun 2020.

Ditengah kondisi yang serba mendesak seperti sekarang, mendadak harus ada MTY box, mendadak harus ada kapal dan sebagainya. Pandemi Coronavirus berhasil melemahkan kondisi pasok + suplai setiap kebutuhan manusia.

Sebagai contoh, pelayaran Korea Selatan, HMM telah memastikan menyewa MPV Thalia yang berbobot 30.000 dwt multi pupose vessel serta bisa mengangkut 1.888 TEUs + kontrak untuk 6 (enam) bulan kedepan.

Sementara itu, Samudera Indonesia (SMDR) pun sudah bersiap mengambil sewa MPV Clio yang akan disewa dalam kurun waktu tertentu dan siap diambil awal bulan depan. Wuiiiih ada tren apa nih ?

Ketidakseimbangan pasok kontainer di seluruh dunia menjadi momok dan kini setiap pelayaran berusaha keras untuk melakukan normalisasi di saat proses recovery berlangsung namun perkiraan meningkatnya volume kiriman barang gak terprediksi dengan baik.

Akibatnya kasus kekurangan kontainer menjadi trending topics dimata pengusaha, asosiasi maupun industri pelayaran. Lagi pula tingkat harga membaik disana-sini sehingga mengundang semut2 datang. Cari cu’an sebanyak2nya.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar