Minggu, 13 Desember 2020

JT 131220 : 2M Geser Layanan, Dari Felixstowe ke Liverpool

Pelabuhan2 di Inggeris sedang mengalamikonesti berat sehingga sekelas Felixstowe (FXT) + Southampton (SOU) juga gak kuasa mengurai kepadatan kontainer masuk + keluar sehingga operator kapal berpikir 2x untuk menyandarkan kapal berikutnya.

Aliansi strategis 2 (dua) pelayaran besar dunia 2M yang beranggotakan Maersk + Mediterranean Shipping (MSC) pun setelah melakukan evaluasi, akhirnya memindahkan port of call Felixstowe ke Liverpool.

Untuk antisipasi kedepannya, 2M sudah menyiapkan rencana menggeser loop TA2 / NEUATL2 di Samudera Atlantik dengan alasan “memberikan stabilitas layanan kepada Pelanggan”. Saat ini memang itu yang dibutuhkan Pelanggan.

Pelayaran terakhir masuk FXT yakni kapal MSC Athens (kapasitas 8.822 TEUs) di Minggu 51 sedangkan pelayaran perdana masuk Liverpool yakni diawali kapal Maersk Sembawang (6.478 TEUs) di minggu berikutnya ato Minggu 52.

Melonjaknya volume di Trans Atlantik (TA) maupun Trans Pasifik (TP) memberikan dampak kongesti di sejumlah pelabuhan di Inggeris sehingga beberapa servis yang semula masuk Inggeris dialihkan ke pelabuhan Zeebrugge ato pelabuhan terdekat lainnya.

Dari Zeebrugge nantinya akan dibawa ke Inggeris namun problematika berikutnya adalah timbulnya biaya tambahan + operator feeder yang memiliki kapasitas terbatas. Untuk kebutuhan Natal tahun ini Inggeris cukup mengalami kesulitan pasok logistik.

Selain keputusan Brexit yang gak kunjung usai, impor ke Inggeris ‘ndlilalah meningkat sehingga sejumlah pelabuhan kebanjiran order, di saat yang lain moda angkutan kekurangan armada sehingga gak sebanding dengan limpahan muatan.

Di Indonesia yang terjadi sebaliknya. Kebutuhan kontainer kosong, termasuk barang impor sedang menipis bahkan ekpsortir kesulitan mendapatkan kontainer kosong (MTY boxes) dan hanya bisa pasrah karena pihak pemerintah pun belum menemukan solusi yang pas.

Informasi terkait perkembangan Brexit ato rencana Inggeris mo cabut dari Uni Eropa (UE), bisa dibaca juga di JT 121220 : Brexit Bakal Molor Lagi, JT 081220 : Bentley Sewa 5 Antonov, Jika ...

Ikut prihatin.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar