Sabtu, 12 Desember 2020

JT 121220 : Brexit Bakal Molor Lagi

 

Perkiraan bahwa keluarnya Inggeris dari Uni Eropa (UE) bakal rumit, sedikit terbukti. Setidaknya hingga pekan ini gak ada yang jamin semuanya bakal selancar yang diharapkan oelh masyarakat internasional.

Inggeris + Uni Eropa memperingatkan bahwa kesepakatan dagang gak mungkin akan tercapai besok, Minggu 13/12/2020 sementara minggu depan praktis sudah mendekati persiapa Natal + Tahun Baru. Lagi, kayaknya kesepakatan sulit maujud.

Perdana Menteri Boris Johnson telah berada di Brussel sejak Selasa pekan ini dan mengatakan perundingan akan berlangsung hingga Minggu, 13 Desember 2020. PM Inggeris telah bertemu Presiden Komisi Eropa Ursula von de Leyen dalam sebuah makan malam untuk membicarakan kesepakatan dagang yang masih alot.

Jika kesepakatan perdagangan tidak tercapai dan diratifikasi oleh kedua belah pihak pada 31/12/2020, Inggris dan UE dapat mengenakan pajak dan tarif pada barang masing2. Hal ini dapat menyebabkan harga lebih tinggi.

Kemarin, Johnson memimpin pertemuan di Downing Street dengan menteri Pejabat Kabinet Michael Gove + pejabat senior untuk melakukan inventarisasi rencana skenario tanpa kesepakatan.

Uni Eropa telah menolak permintaan Johnson untuk melewati Komisi Eropa dan berbicara langsung dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Kanselir Jerman Angela Merkel tentang masalah yang belum terselesaikan. Menurut pejabat UE, dia diberitahu bahwa diskusi hanya bisa dilakukan melalui kepala negosiator blok itu, Michel Barnier.

Namun Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas memberikan nada yang lebih optimis. Maas percaya bisa menemukan solusi dalam pembicaraan itu sulit tetapi mungkin, Bagus, gitu dunk, gak gampang putus asa.

Semoga membuahkan hasil positif.

Sumber : Bisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar