Selasa, 28 Juli 2020

JT 280720 : H-L Jual 7 Kapal + Sewa Balik

Perusahaan pelayaran Jerman, Hapag-Lloyd (H-L) telah menjual 7 (tujuh) kapal yang memiliki kapasitas 9.326 TEUs ke pihak Bank of Communications Financial Leasing (Bocomm Leasing) untuk harga yang tidak disebutkan.

Ke-tujuh kapal dimaksud : Cauquenes, Cautin, Cisnes, Cochrane, Coyhaique, Corcovado + Copiapo, yang disetujui di bulan Mei + Juli 2020 dan kapalnya didaftar ulang menjadi Bocomm Leasing sebagai sang pemilik.

Kapal2 tersebut dioperasikan oleh CSAV (Compania Sudamericana de Vapores) – afiliasi H-L yang sempat diakuisisi beberapa waktu lalu – dan saat terjadinya transaksi jual beli, valuasi nilai harga per kapal USD 74 juta.

Kapal2 diatas boleh dibilang masih baru, dibangun di galangan kapal Korea Selatan, Samsung Heavy Industries (SHI) untuk masa pengiriman tahun 2014 + 2015. Kapal2 ini disewa balik oleh H-L karena untuk menjaga likuiditas keuangan perusahaan.

Untuk diketahui, semenjak timbulnya wabah Coronavirus di dunia, H-L memiliki Performance Safeguarding Programme, yakni program untuk melakukan efisiensi agar kinerja perusahaan tetap bisa kinclong.

Kapal2 ex CSAV tersebut disewa kembali oleh H-L untuk masa sewa hingga 12 tahun alias sewa jangka panjang. Kapal2 ini pun tetap dioperasikan di rute Asia – Amerika Selatan. Sejauh ini belum ada perubahan mendasar.

Aktifitas Bocomm Leasing sendiri bagi sebagian orang masih awam. Bocomm Leasing mulai mengakuisisi kapal2 kontainer sejaka awal 2020, justru disaat perusahaan pelayaran global berpikir untuk menguranginya.

Juni 2020, Bocomm membeli 5 x 12.690 TEUs dari Costamare (Yunani), di bulan Maret 2020 Bocomm juga membeli 4 x 11.923 TEUs dari Seaspan Corp. (Kanada) serta mengakuisisi 2 x 9.954 TEUs + 2 x 8.204 TEUs dari Navios Maritime (Yunani).

Lha lantas kapal2 tadi dikemanain tuh ? Oleh Bocomm disewakan kembali ke operator, semisal H-L, CMA CGM dan juga ANL.

Sumber : Dari Sana-sini. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar