Sabtu, 04 Juli 2020

JT 040720 : MSC Sewa 11 Kapal Harga Diskon


Di saat kondisi pandemi seperti ini, hanya orang yang jeli dan sedikit berjiwa petualang yang berani mengambil keputusan ekstrim dengan menegaskan risiko menjadi bagian dari pekerjaan.

Adalah pelayaran Mediterranean Shipping Co. (MSC) yang berani melakukan sewa kapal dengan harga diskon (karena sebenarnya pandemi menekan volume kargo via laut) namun pasti ada harapan akan segera normal dalam waktu dekat.

Setidaknya MSC sudah memutuskan untuk menyewa 11 kapal dengan kapasitas kapal antara 8.000-8.8000 TEUs dan ini lumayan gede untuk menggebrak pasar dan diikat dengan long-term charter. Mumpung diskon Bro.

MSC merupakan mitra Maersk di aliansi strategis 2M dan justru Maersk masih fokus dipersewaan kapal2 kecil dengan masa sewa yang pendek juga. Saling melengkapi dunk ... Kompetisi ya kompetisi tapi di suatu saat pasti bisa guyub he 3x.

Pasaran kapal sewa sendiri masih naik turun sehubungan dengan isu pandemi Covid-19, dimana sejumlah pelayaran besar mengembalikan kapal sewa berukuran besar beberapa waktu lalu namun sekarang diambil lagi dengan harga miring.

Pemilik kapal2 kecil pun yang biasanya dijadikan kapal feeder saat ini mengeluhkan kurangnya pemanfaatan unit sehingga membuat pemilik kapal yang membeli lewat bank ato pihak ketiga, mulai dirongrong bunga bank yang jatuh tempo.

Intinya, hingga akhir tahun akan banyak pernak-pernik di semua sektor, termasuk industri pelayaran. Akankah volume naik dan semua baik2 aja ato malah sebaliknya, operator bakal jungkir balik memikirkan masa depan industri pelayaran ?

Wait and see ya. Watch Out !

Sumber : Dari Sana-sini / Foto : Container Shipping Investor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar