Rabu, 22 Juli 2020

JT 220720 : TCR Satukan Layanan Moda Kereta Api Barang


Ini perkembangan menarik di industri perkeretaapian nasional negeri Tiongkok. Kereta api RRCina, yang menjangkau sebagian besar wilayah pedalaman negara itu, telah bergabung menjadi jaringan nasional yang disebut Trans China Railway (TCR).

Secara individual maupun kolektif, banyak jalur kereta api (KA) bertindak sebagai rute feeder ke wilayah pedalaman RRCina, kemudian dikirim ke Eropa melalui KA Barang dan kini dikenal dengan nama block train.

TCR sekarang menghubungkan wilayah perbatasan Urumqi, Alaskan, Horgos, Kazakhstan, Dostik + Atinkol, melintasi benua Cina dari timur laut ke Harbin dan Manzouli di perbatasan Mongolia Luar.

Titik awal untuk kargo saat ini bisa berlokasi di taman industri Seojung Logistics Pyeongtaek di selatan Incheon untuk memasuki ekspor Korea ke Eropa. Jika ingin menambahkan lintasan pendek, melintasi Laut Kuning untuk terhubung dengan jaringan rel KA di Pelabuhan Lianyungang Cina di mana perjalanan kereta dimulai.

Keuntungan menggunakan TCR, termasuk pengangkutan barang2 berat semisal bekas gulungan dan mesin. Jalur diatas dapat menghubungkan ke Qingdao dan Iljo hanya dalam lima hingga enam hari. Sebuah terobosan baru di angkutan darat via rel.

TCR + China Railway Container Transport (CRCT) memiliki kontrak langsung dengan China Railroad Authority (CRA), yang akan mengamankan tingkat persaingan - meskipun didasarkan pada monopoli eksklusif.

Layanan kereta ini bisa menerima kontainer open-top, flat-rack dan kontainer khusus lainnya namun pastinya ada juga batasan yang gak diperkenankan. Sebelum diijinkan dimuat, sudah pasti melewati sejumlah pengecekan.

Sebelum akhirnya menjelma menjadi TCR, ditahun 1992 sudah ada embrionya yakni West China Line, lalu 1995 menjadi Seohung Logistics Co. Setelah itu dibukalan cabang2 di sepanjang Jalur Sutera seperti yang sekarang dikenal.

Sumber : Dari Sana-sini / Ilustrasi : YouTube.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar