Minggu, 05 Juli 2020

JT 050720 : Aliansi 2M Siapkan Sweeper


Aliansi strategis 2M yang dikawal Maersk + Mediterranean Shipping Co. (MSC) sejak minggu lalu sudah mulai memperkuat armada di rute Asia – Eropa (AE) walau secara hatga masih boleh dibilang segitu2 aja.

 Dari pihak 2M pada prinsipnya, loop AE2 (milik Maersk) / Swan (milik MSC) tetap akan dinon-aktifkan sampe Oktober 2020 sembari nunggu perkembangan, karena perkiraanya kondisi perekonomian masih belum stabil.

Tapi pihak memasang kapal MSC Taranto kapasitas 14,036 TEUs – menurut Alphaliner – untuk mengantisipasi kenaikan volume selama musim panas. Rute pelayaran MSC Taranto : Shanghai – Ningbo – Yantian – Singapura - Tanjung Pelepas – Rotterdam – Antwerp - Felixstowe.

Dengan absennya servis AE2 / Swan diatas, setidaknya bakal ada 13 jadual pelayaran yang hilang ato setara dengan 22 persen kapasitas. Setelah MSC Taranto direncanakan MSC Evora 13.568 TEUs yang akan menyapu muatan. Woooow !

Kapal2 tambahan ini akan dioperasikan bila volume menunjukkan peningkatan significant dan pengamat sepakat menyebut kapal tambahan sebagai sweeper dimana di servis lain pun kapasitas akan disesuaikan.

Alphaliner bahkan menyebut bahwa 2M bakal meng-upgrade kapal2 di loop AE6 / Lion dari kapal berkapasitas 13.500 TEUs, menjadi 18.000 TEUs, termasuk memasang MSC Mia yang memiliki kapasitas 23.656 TEUs.

Hmm persiapan yang matang bagi 2M dalam mengantisipasi peningkatan volume. Semoga berhasil.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar