Jumat, 03 Juli 2020

JT 030720 : Lupakan Peak Season


Ngomong2 kapan gitu bakala ada peak season ? Rasanya semenjak kedatangan tamu pandemi Coronavirus / Covid-19 gak ada yang bisa memprediksi kesembuhan dunia dari sakit berkepanjangan.

Yang harus diantisipasi justru, menjalani hidup dengan keprihatinan + mengikuti kebiasaan baru (New Normal). Seluruh dunia tiarap dan kini sedang menata bisnis baru di era digital. Sebelumnya sudah tumbuh tapi belum sekencang sekarang.

Menurut SeaIntelligence Consulting yang bermarkas di Kopenhagen, sejumlah pelayaran besar sudah membatalkan loops / servis yang dimiliki dengan total jumlah mendekati 4 juta TEUs selama Covid-19 dan kuartal 3 ini pun masih akan tetap ada blank sailing loh.

Artinya, lemahnya permintaan bisa mengakibatkan pembatalan jadual pelayaran kedepannya. Covid-19 secara pasti telah mengerem daya beli masyarakat sebagai dampak dari rontoknya berbagai industri didalamnya.

Sebut saja PHK yang melanda sejumlah maskapai penerbangan yang melayani angkutan penumpang, perusahaan pelayaran, perhotelan, jasa keuangan, pariwisata hingga asuransi. Nyaris hampir semua sektor.

Jika di tahun2 sebelumnya ada istilah peak season ato beban puncak volume muatan meledak saking banyaknya, untuk tahun sebaiknya lupakan dulu. Yang ada pasok ruang sudah sangat membludak.

Eropa + Amrik memperkirakan volume perdagangan tahun 2020 akan turun sekitar 10 persen dan ini pun dikarenakan pabrik2 besar di RRCina selama bulan Maret + April tutup karena Coronavirus sehingga berdampak pengiriman barang pun terlambat 2 bulan.

Lantas, adakah pelayaran yang paling terdampak ? Menurut rumah riset Alphaliner, HMM diprediksi paling terpukul dengan kondisi Covid-19 karena pelayaran Korea ini memarkir hampir 32,9 persen ato 200.000 TEUs dari total kapasitas yang idle / menganggur saat ini.

Mana tahun ini HMM boleh dibilang terbanyak menerima kapal anyar dengan kapasitas waaah pula. Jika perekonomian gak cepat pulih, cepat ato lambat terdampak. Entah jika ada inovasi baru dan sejenisnya.

Tetap semangat walau gak didatangi peak season tahun ini ya ...

Sumber : Dari Sana-sini / Foto : VesselFinder.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar