Minggu, 28 Februari 2016

JT 280216 : Suez Canal Access Dibuka, CMA CGM Racine Pertama Lewat

Ini promosi lagi nih buat pelayaran Perancis CMA CGM. Pada saat pembukaan kanal sepanjang 8,5 km (= 5,2 mil) di sebelah timur Port Said, kapal CMA CGM Racine menjadi kapal pertama yang melintas usai peresmian.

Kanal ini baru aja selesai sekitar 3 (tiga) bulan lalu dan kapal container berkapasitas 6.540 TEUs menjadi kapal perdana yang melewati Suez Canal Access Channel. Dengan akses baru ini, setiap kapal yang melintas bisa menghemat waktu sekitar 6-8 jam.

Pasalnya bila kapal akan masuk ke pelabuhan di Suez Canal Container Terminal (SCCT), deretan kapal yang akan melintas memang harus antri, dari barat ke timur dan dari timur ke barat.

Peresmian perluasan kanal proyek senilai USD 40 juta di area SCCT, dihadiri oleh PM Mesir Sherif Ismail; Suez Canal Authority chairman Mohab Mamish dan Gubernur Port Said, Adel El Ghadban.

Kanal anyar ini nantinya dibangun untuk bisa mengakomodir kapal +18.000 TEUs dan digali dengan kedalaman 18,5 meter (61 kaki). Direktur SCCT Jan Buijze mengapresiasi investasi infrastruktur yang menentukan sejarah Terusan Suez untuk beberapa dekade kedepan.

Congrats !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar