Jumat, 05 Februari 2016

JT 050216 : Toshiba + Panasonic Tutup Pabrik

Fenomena pemutusan hubungan kerja alias PHK semakin kental, saat info terkait penutupan 2 (dua) pabrikan PT Panasonic Lighting di Cikarang dan Pasuruan serta PT Toshiba Indonesia di Cikarang. Ribuan pekerja akan menjadi korban PHK gede-gedean.

Menurut keua konfederasi serikat pekerja Indonesia, Said Iqbal, dalam sebuah konferensi pers hari Selasa tgl 02/02, setidaknya bakal ada PHK terhadap 2.500 pekerja. Gelombang PHK ini jelas meresahkan semua pihak dan dalam waktu dekat bakal ada demo lagi. Demo apa lagi ya ?

Sebelumnya pernah dikabarkan bahwa belakangan, iklim kerja di area Jakarta, Cikarang dan sekitarnya menjadi kurang kondusif, terutama setelah adanya kenaikan upah minimum pekerja (UMP). Karawang pun kabarnya masuk zona ini.

Di luar dua perusahaan elektronik raksasa ini, terdapat dua perusahaan elektronik lain asal Korea Selatan yang juga mengumumkan akan menutup pabriknya di Indonesia yaitu PT Samoin yang telah mem-PHK 1.200 karyawannya. 

PT Starlink kabarnya mem-PHK 500 orang pekerja. Kedua perusahaan ini telah selesai beroperasi di Indonesia pada Januari kemarin hanya saja hitung-hitungan pesangonnya sudah beres ato blon, sempat mencuat juga beberapa waktu lalu.

Hmm … potret bisnis menyedihkan ato apa ya ? Kita tunggu klarifikasi pihak2 terkait deh ya. Ikut prihatin.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar