Selasa, 09 Februari 2016

JT 090216 : Amazon Incar Daratan Eropa

Pilihan raksasa e-commerce Amazon untuk merintis aktifitas logistik tengah disorot luas dimana-mana, terutama para pesaingnya. Blon lama ini Amazon memutuskan untuk memperkuat cengkeramannya di bumi Perancis.

Menurut harian The Seattle Times, Amazon berencana mengakuisisi perusahaan kurir Colis Prive dimana Amazon udah punya saham disana sebesar 25 persen, sejak tahun 2014. Kini Amazon berniat menguasainya secara penuh.

Minimal akhir kuartal 1 – 2016, sisa saham 75 persen Colis Prive bisa dipindahtangankan ke Amazon. Colis Prive memang blon bisa disejajarkan dengan UPS, FedEx ato DHL tetapi ancangan Amazon memasuki bisnis logistik udah mulai lebih terbaca. 

Bila rencana Amazon berjalan mulus, kedepannya Colis Prive bakal menjadi pemain yang diperhitungkan oleh para kompetitornya di Perancis dan bahkan belahan Eropa lainnya. Itu loh karena dilihat siapa dibelakangnya xi xi xi.

Di tahun 2014 juga, Amazon ngebeli 4,2 persen saham perusahaan kurir Inggeris yaitu Yodel dan belakangan raksasa e-commerce ini menyewa sejumlah besar truk dan pesawat untuk mengirimkan barang kiriman secara langsung.

Colin Sebastian, seorang analis di perusahaan Robert W Baird & Co, mengatakan bahwa Amazon bakal terus ngembangin delivery service-nya, lebih dari kebutuhan kiriman biasa. Amazon bisa mengkombinasikan biz pergudangan & paket kiriman senilai USD 400-450 milyar.

Majalah terkenal Fortune, memberitakan belanja Amazon selama tahun 2014 lebih dari USD 8,7 milyar ato meningkat dibanding paket kiriman yang bernilai USD 6,6 milyar di tahun 2013. Artinya, peningkatannya cukup significant. Bingitz nih.

Di Amrik, Amazon mengoperasikan angkutan kargo udara melalui Air Transport Services Group (ATSG) dan afiliasinya, ABX. Di Eropa kabarnya Amazon menggandeng operator logistik DB Schenker, guna menyewa pesawat Boeing 737 dari ASL Perancis.

Sekali lagi, sepak terjang Amazon tengah dicermati secara serius karena mereka tengah malang-melintang di Amrik dan Eropa. Asia kapan ? Segera deh he he he. Tunggu tanggal mainnya. Paaaaaasti rame.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar