Selasa, 02 Februari 2016

JT 020216 : CMA CGM Rangkul IRISL

Walau secara politis hubungan diplomatik antara Perancis dan Iran gak mesra- mesra amit tapi secara bisnis, bunyinya lain nih xi xi xi. Buktinya, pelayaran nomor 3 terbesar di dunia, CMA CGM kini menjajaki kerjasaman dengan pelayaran Iran, IRISL.

Pasar Iran tiba-tiba menarik minat banyak investor, ada apa ya ? Gak cuma pengusaha dan kalangan perbankan yang intens mengadakan pertemuan tetapi juga pihak pelayaran global, tercatat yang sudah merapat, yaitu Maersk Line, MSC dan UASC.

Sanksi nuklir atas Iran udah dikampanyekan bakal dicabut. Sebelum itu jadi resmi pun banyak pihak yang melirik negeri kaya minyak ini serta memiliki hubungan dekat dengan Rusia dan Tiongkok. Ooops, bikin kisruh Amrik nih.

Untungnya, dari sisi industri penerbangannya, Iran berniat membeli ratusan pesawat Boeing dan membaginya dengan Airbus. Iran sangat menyadari bahwa selama ini Amrik yang punya hajat tetapi gak ingin melupakan jasa2 negara Eropa.

Cukup fair-lah. Amrik sumringah, Eropa pun gak bisa marah. Kini giliran Islamic Republic of Iran Shipping Lines (IRISL) yang dipepet sejumlah pelayaran juga. Yang teranyar adalah kiprah CMA CGM menggandeng IRISL. Ehh mo ngapain ya mereka2 ini ?

Kesepakatan dicapai saat kunjungan Presiden Iran Hassan Rohani blon lama ini ke Perancis. Nantinya, IRISL dan CMA CGM bakal ngelakuin kerjasama operasi, pembagian akses ruang kapal dan penggunaan pelabuhan bareng2.

Padahal klo mo dirujuk ke kejadian sebelumnya, CMA CGM dan Evergreen-lah yang mengawali pembukaan servis ke Iran (sekitar Agustus 2015) setelah pernyataan embargo bakal dicabut. Lantas menyusul MSC di bulan Desember 2015 dan UASC di bulan Januari 2016.

Bagaimana pola operasi CMA CGM dengan IRISL kedepannya, silahkan dipelototin dengan cermat ya. Apalagi yang ngerasa IRISL adalah ancaman serius di industri pelayaran, sama seperti sebelumnya. Agresif dan powerfull.

Tetap semangat !

Sumber : Dari Sana-sini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar