Rabu, 03 Februari 2016

JT 030216 : Volume Kargo Udara Kamboja Tumbuh Pesat


Mo tahu salah satu pasar prospektif di kawasan Asia Tenggara saat ini ? Kamboja adalah salah satunya, disamping Vietnam yang sejak tahu lalu mulai menggeliat kembali. Apakah negeri akan sanggup menandinginya ? Tergantung deh.

Kita lagi ngomongin prospek angkutan udara, dimana potensi Kamboja tumbuh 14 persen di tahun 2015 lalu, menjadi 38.065 ton. Itupun didukung oleh permintaan yang besar di industri garmen.  

Juru bicara maskapai penerbangan Cathay Pacific Cargo (CX), Khek Norinda menyebutkan bahwa lalu lintas kargo yang terkait dengan pesatnya pertumbuhan industri angkutan udara Kamboja adalah komoditi garmen. Gak heran CX memasang kapal khusus untuk melayani pertumbuhan ini.

Statistik pertumbuhan Kamboja sebagai pasar yang potensil, diantisipasi oleh CX dengan baik. Total ekspor garmen naik 10,1 persen dalam 10 bulan pertama tahun 2015, dibanding volume tahun 2014.

Barang impor (asesoris buat industri garmen) meningkat tajam, seiring masuknya produk-produk Cina ke Kamboja selama tahun 2015. Pasar ekspor yang potensil bagi Kamboja adalah Amrik, Jepang dan RRCina. Lantas prakiraan pertumbuhan beberapa tahun kedepan, CX lebih moderat dengan menampilkan angka antara 3-4,5 persen doank.

Maklum situasi pasar lagi begini, klo tiba2 membaik, ya anggap aja ketiban rejeki nomplok he he he. Ok deh, selamat membidik pasar-pasar potensil yang ada di kawasan Asia Tenggara. Welcome MEA, kompetisi tambah ketat, kompetensi jadi mencuat.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar