Kamis, 18 Februari 2016

JT 180216 : Uji Coba Kereta Pelabuhan JICT

Kamis 18/02, uji coba kereta pelabuhan JICT akhirnya diwiujudkan pagi ini. Awalnya, uji coba ini akan dilaksanakan hari Senin lalu tgl 15/02 namun karena aktifitas Kemenko Kemaritiman yang padat sehingga dijadual ulang ke hari Kamis ini.

Menteri Kemaritiman & Sumber Daya Rizal Ramli (RR) tiba Stasiun JICT Tanjung Priok, setelah berangkat dari Stasiun Pasoso dan menyaksikan langsung perjalanan kereta api sepanjang kurang lebih 1,8 km ke arah pelabuhan Tanjung Priok - JICT, Jakarta Utara.

Syukur Alhamdulillah proses uji coba berjalan baik dan tim khusus yang akan dibentuk nanti adalah, nyiapin rencana peresmian oleh RI-1 di hari Minggu tgl 28/02 mendatang. Jadual padat, bisa saja sewaktu2 berubah dan pelaksana tinggal mengikuti he he he.

Dalam kunjungan tersebut, RR didampingi oleh Direktur Operasi & Pemasaran (GO) Sugeng Priyono dan memandu langsung uji coba bongkar muat kontainer di emplasemen / CY Stasiun JICT. Lokasinya pas bersebelahan dengan bangunan Join Gate-In.

Melalui Stasiun JICT, nantinya bakal ada 2 (dua) rangkaian kereta dengan stamformasi (jumlah gerbong datar) 20 GD. Frekuensi yang dicanangkan yakni sehari 2x mirip minum obat tetapi semoga efektif hasilnya dan rute yang dituju adalah Cikarang Dry Port (CDP).

Kedepannya, aka nada pengembangan ke Stasiun Cibungur, Stasiun Gedebage dan bahkan ke arah Banten di sebelah barat. Gak ada yang gak mungin, sepanjang misi nasional untuk menyelaraskan dengan kebutuhan industri logistik, Inshaa Allah bisa.

Ini impian pemerintah, agar biaya logistik di Tanah Air bisa kompetitif dibanding dengan negara tetangga. Dengan harga yang bersaing, barulah Indonesia bisa berkiprah dengan bangga bak rajawali mengepakkan sayap.

Perlu dukungan dan masukan agar moda baru di area kepelabuhanan ini bisa berjalan efektif dan berkesinambungan. Ayooo kita wujudkan rame2. KITA PASTI BISA !


Sumber : KALOG / Foto : RAM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar