Senin, 08 Februari 2016

JT 080216 : Kemperin - Gak Ada Industri Yang Hengkang Koq

Ini komentarnya Kementerian Perindustrian (Kemperin), menegaskan gak ada industri yang hengkang dari Indonesia. Belakangan ini yang ada juga, melakukan restrukturisasi karena ngikutin perkembangan teknologi dan guna memperkuat daya saing.

Dah jelas dunk. Kecuali kasus PT Ford Indonesia, maka untuk isu PT Panasonic dan PT Toshiba Indonesia, lebih cocok disebut sebagai bagian dari restrukturisasi, bukan pabriknya ditutup. Itu isu yang gak bener.

PT Panasonic Lighting Indonesia yang memproduksi lampu hemat energi jenis compact fluorescent lamp (CFL), saat ini permintaannya di pasar dunia mulai turun. Tren pasar lampu di dunia maupun Indonesia, sekarang mengarah pada lampu jenis light emitting diode (LED).

Sementara itu, PT Panasonic Gobel Eco Solution Manufacturing Indonesia di Cikarang telah memproduksi lampu jenis LED. Jadi, manajemen Panasonic menggabungkan PT Panasonic Gobel Eco Solution Manufacturing Indonesia dengan PT Panasonic Lighting Indonesia menjadi satu pabrik yang berlokasi di Cileungsi. Apa namanya terserah Panasonic.

Khusus untuk kasus PT Toshiba Indonesia. Perusahaan ini pun sebenarnya berpindah kepemilikan namun blon tentu ditutup. Hanya saja, sang pemilik anyar Skyworth Corp. belum terbuka untuk meneruskan usaha ato mo dipindahin juga ?

Kita amatin aja dulu ye. Sing rodo sabar menghadapi kenyataan. Pengusaha mulai hapal kebiasaan buruh doyan demo. Buruh juga harus memahami andaikan pengusaha memilih hengjang alias menutup pabrik dan dirumahkan.

Ibarat buah simalakama ..., jadi stay tune dulu deh.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar