Senin, 31 Agustus 2015

JT 310815 : Insiden Di Kapal “UASC” Di Jerman

Beruntungnya UASC. Sebuah kejadian kecil yang bila tidak ditangani secara serius akan menimbulkan petaka besar di industri pelayaran. Musibah tersebut, bisa dalam skala kecil, bahkan hingga yang terjelek kebakaran kontainer di samudera luas.

Sebuah insiden yang melibatkan kapal “Alula” (milik United Arab Shipping Co. / UASC), dikabarkan sempat menimbulkan percikan api akibat terbakarnya sebuah kontainer 40’ dengan packing kardus.

Dengan kesigapan tim pemadam kebakaran di pelabuhan Hamburg, Jerman, akhirnya bisa dipadamkan secara cepat. Caranya, dengan memindahkan 30 unit kontainer serta menurunkan kontainer yang terbakar ke dermaga.

Isi muatan kemudian dikeluarkan dan setelah berjuang selama 3,5 jam akhirnya api dapat dikuasai dengan baik. Pihak UASC sendiri, hingga kini menolak dimintai keterangan. Untungnya lagi, gak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Hebatnya, tim pemadam kebakaran yang terdiri dari 36 orang, langsung naik ke kapal dan tiba di lokasi pukul 03.30 waktu setempat. Gak pake banyak nanya, mereka langsung kerja dan menyelesaikan tugas dengan baik. Good job.

Kapal tsb tengah bertugas di rute Asia – Eropa di AEX1 / AEC1, yang dioperasikan bersama dengan mitra kerjanya yakni “China Shipping Container Lines” (CSCL) dan “CMA CGM” dalam aliansi strategis bernama “Ocean 3” (O3).

Kejadian tak diharapkan ini terjadi tgl 28/08 lalu. Sebagaimana dikutip dari World Maritime News. Kapal “Alula” (13.100 TEUs) dibuat tahun 2012 ini masih tergolong anyar dan dioperasikan oleh “United Arab Shipping Co.” (UASC), pelayaran asal Timur Tengah.

Take care. Ikut prihatin. Foto dibawah ini, "Alula" dalam kondisi normal dan tengah sandar di dermaga.



Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar