Kamis, 13 Agustus 2015

JT 130815 : “MSC” Bersiap Menyalip “Maersk Line”

Gengsi buat jadi pelayaran nomor satu udah gak bisa ditahan lagi oleh “Mediterranean Shipping Co.” (MSC) dan jangan heran bila pelayaran blasteran Italia-Swiss ini cenderung enggan mengakuisisi ato merger. Lebih pilih besar karena usaha sendiri he he he.

Upaya-upaya untuk melewati prestasi “Maersk Line” selaku pelayaran nomor wahid saat ini, terus digalang. Salah satu diantaranya membangun armada kapal gede (diatas 19.000 TEUs)  secara besar-besaran. Padahal MSC berkawan dengan Maersk Line di aliansi “2M”.

Musuh dalam selimut ? Ya susah-susah gampang menggolongkannya, wong masing-masing punya cara dan strategi masing-masing, jadi terserah Pembaca mau mengibaratkan seperti apa. Musuhku adalah kawanku, gitu kali ye ?

Ya sud. Kembali ke urusan biz MSC, langkah yang ditempuh adalah memperbesar armada dengan kapal besar namun skala ekonominya bisa dipertanggungjawabkan, selain harus efisien dan secara komersil bisa dijual.

Blon lama ini, MSC mendapatkan kapal seri “Oscar-class” yang ke-3, yaitu “MSC Zoe” (19.224 TEUs). Konstruktornya adalah galangan kapal DSME, Korea Selatan dan reputasinya gak diragukan lagi.

Kapal anyarnya ini bakal masuk servis “Swan”, yang beroperasi di rute Asia-Eropa (AE) dan kapal ini merupakan bagian dari pengadaan 20 kapal gede MSC diatas 19.000 TEUs. Ampuuun mak !

Pesanan kapal-kapal gede MSC ini, bisa memperpendek jarak dengan “Maersk Line” dan selanjutnya menyalip di saat-saat yang menegangkan kelak. Kapan pastinya, Cuma mereka berdua yang tahu deh. Pertarungan seperti apa yang akan dimainkan.

Yuuuk, kita ikuti terus perkembangannya dan jangan sampe lengah. Diakui ato ngga, itu adalah kompetisi dan harga yang harus dibayar, sangat-sanagt mahal.

Congrats buat MSC atas kapal barunya ya.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar