Jumat, 14 Agustus 2015

JT 140815 : “Hanjin Shipping” Bukukan Profit

Gak banyak pelayaran yang bisa meraih sukses di tahun 2015 (khususnya), sehingga lepas dari jeratan raport merah alias merugi. Dalam kurun 5 tahun ke belakang, banyak pelayaran yang kembang-kempis menahan diri buat gulung tikar (tutup).

Bukan perkara gengsi semata, tetapi karena investasi yang dibenamkan pun gak murah. Bayangin aja aset kapalnya, kontainernya, gedung perkantoran dan lain-lain. Pokoknya gak murah deh.

Nah, bila pelayaran lain tengah bergulat lepas dari cengkeraman kerugian tapi pelayaran Korea Selatan ini, berhasil tetap eksis dan membukukan laba yang lumayan. Istilahnya masih mendingan, daripada rugi !

“Hanjin Shipping” (HJS) membukukan profit di kuartal 2 (Apr-Jun) KRW 104,3 milyar (= USD 94 juta), sangat berbeda dengan performansi tahun 2014 di periode yang sama, yakni rugi KRW 199,7 milyar.

Hasil kuartal 1 (Jan-Mar) gimana ? Sejauh ini bagus, profit KRW 22,9 milyar. Keberuntungan tsb diraih dengan keberhasilan mata uang Won bertahan dari gempuran mata uang US Dollar dan juga adanya pelepasan asset “TTI Algeciras”, Spanyol.

Lantas bagaimana juga kebijakan tariff sehingga bisa membuahkan hasil positif ? Untungnya, tahun ini harga bahan bakar minyak (fuel) sedang turun sehingga sedikit membantu juga peruntungan HJS, selain adanya rasionalisasi servis di sejumlah rute.

Untuk semester 2 (Jul-Des), pihak HJS memperkirakan akan adanya perubahan tariff (baca: membaik) dan perekonomian Amrik membaik sehingga tariff ke Amrik semakin ok. Rute Asia-Eropa (AE) juga diharapkan membaik.

Toooop, sungguh huebat bisa mencatat laba disaat pelayaran lain terengah-engah memikirkan masa depan industri maritim yang .sedang bergejolak. Silahkan di-cek, gak banyak yang bisa bermanuver dan hasilnya positif.

Congrats ya.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar