Kamis, 27 Agustus 2015

JT 270815 : “MSC” Tambah Garang


Kiprah “Mediterranean Shipping Co.” (MSC) di industri pelayaran global gak diragukan lagi. Bahkan kini menantang langsung pelayaran nomor 1 dunia, “Maersk Line” berkompetisi dalam wadah yang sama : “2M”.

Aliansi strategis yang dibentuk oleh 2 (dua) pelayaran raksasa ini sempat menimbulkan keraguan pihak otoritas terkait di Amrik maupun belahan dunia lainnya. Apalagi saat “CMA CGM” ikut dalam program “P3”-network.

Artinya, Maersk Line, MSC dan CMA CGM waktu itu pernah berniat membangun kekuatan bersama namun dimentahkan oleh otoritas terkait di RRCina sehingga akhirnya P3 batal maujud dan berganti baju menjadi 2M.

CMA CGM yang sempat tereliminasi, memutuskan membuat kelompok baru bersama “China Shipping Container Line” (CSCL) dan “United Arab Shipping Co.” (UASC). Tim bentukannya diberi nama “Ocean 3” ato disingkat “O3”.

Kabar-kabar terpanas belakangan ini adalah ambisi MSC yang menggebu-gebu untuk bisa melibas Maersk Line sebagai pelayaran terbesar di dunia. Gak kurang sejumlah kapal gede dipesan, baik kapal milik maupun kapal sewa untuk memuluskan ambisi tadi.

Pokoknya, kapasitas muat harus bertambah dan itu artinya MSC siap berkompetisi kapan pun dan dimana pun. Gak liat sikon yang lagi jumpalitan. MSC berniat menyewa 10 x 10.000 TEUs sebagai bagian kerjasama terbaru dengan pihak RRCina.

Sebuah bank bernama “China’s Import Export Bank”, dikabarkan siap menggelontorkan USD 690 juta kepada pihak BCAP (sebuah perusahaan pembiayaan di Inggeris). Tujuannya, dalam rangka membeli kapal tadi.

Dalam catatan perindustrian pelayaran global, MSC diperkirakan memesan kapal terbanyak dengan agregat 701.000 TEUs, diantara 20 perusahaan pelayaran terbesar saat ini. Juga MSC memesan 20 x 19.200 TEUs yang tengah dibangun di Korea Selatan.

Menurut media “Journal of Commerce” (JoC), pengiriman kapal-kapal anyar ini akan berlangsung hingga tahun 2017 mendatang. Saat ini sih baru 2 (dua) unit yang jadi. Sisanya menyusul dengan interval waktu tertentu.

Siap-siap berhadapan dengan raksasa yang satu ini, sangat agresif dan salah-salah bisa kesalip. Watch Out !


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar