Sabtu, 15 Agustus 2015

JT 150815 : Kapal Next-Gen “MSC Maya” Siap Tempur

Walau kondisi ekonomi masih lesu tapi gak istilah ini kayaknya gak berlaku buat MSC, sang juragan kapal yang juga dikenal sebagai pelayaran no. 2 terbesar setelah Maersk Line. Targetnya, harus bisa melampaui Maersk Line, gimana pun caranya.

Diakui ato ngga, itu perkaran lain. Setiap pelayaran mempunyai ambisinya sendiri-sendiri. Sejak lama, Mediterranean Shipping Co. (MSC) ingin menguasa dunia tetapi Maersk Line berupaya “menjegal” dengan segala daya dan upaya.

Seperti layaknya sang juara, bila kemudian harus turun pamor menjadi nomor 2 alias runner-up kayaknya gak pe-de bangetz deh. Harus jadi nomor 1 dan ambisi itualh yang membuat keduanya bersaing menambah kapal sebanyak-banyaknya dengan kapasitas penuh.

Artinya, untuk mempertahankan reputasi dan gengsi masing-masing, perlu usaha lebih. Bagi MSC, yang tengah menggalang kekuatan dengan konstruksi kapal terbaru yang sangat powerfull, yaitu armada kapal 19.224 TEUs (+19.000 TEUs).

Gak ada yang ragu dengan kemampuan keuangan MSC dan MSC bisa membeli sendiri ato menyewa dari pihak ke-3. Intinya, sebagai operator, kapal bisa didapat darimana saja, yang pentinga ngehasilin duit. Dari situlah transaksi dimulai.

Dalam waktu dekat, galangan kapal Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME), Korea Selatan bakal menyerahkan kapal terbaru ke-4 seri 19.224 TEUs, “MSC Maya”. Kapal ini akan menyusul kakak seperguruan “MSC Olver”, “MSC Oscar” dan “MSC Zoe”

MSC memesan 20 unit kapal “Oscar-class” (begitu MSC menyebutnya) dan menyebarnya di 3 (tiga) galangan besar Korea Selatan. Ya bagi-bagi jatah gitu deh, biar gak pada ngiri he he he. Padahal pengen ngeliat juga kualitas buatan masing-masing shipyard tuh.

DSME kebagian bikin 12 kapal, Samsung Heavy Industries (SHI) : 6 kapal dan Hyndai Heavy Industries (HHI) : 2 unit. Masa pengirimannya antara Juli 2013 s/d Maret 2016 – demikian sebagaimana dilansir media riset “Alphaliner”.

Untuk diketahui saja nih, 6 kapal dari total 12 unit yang dipesan MSC, dibiayai oleh Bank of Communication Leasing (BoCom) sementara 6 unit lainnya didanai oleh Minsheng Financial Leasing (MFL).

Kapal terbaru MSC memang diklankan dapat membawa 19.224 TEUs walau secara konfigurasi aslinya “hanya” bisa menampung 18.000 TEUs tetapi pihak galangan konon, memberikan solusi pemanfaatan ruang yang bisa dioptimalkan. Bagus !

Ke-12 kapal ex DSME ini akan disewa untuk jangka panjang alias long-term lease (biasanya diatas 10 tahun ato sama dengan). Kapal anyar ini dipasangi mesin otomatis pengatur kecepatan lambat MAN-B&W (model S90ME-C10 versi 11 silinder), bisa menghasilkan tenaga 67.100 kW.

Spesifikasi kapal Oscar-class ini yaitu panjang 395,4 meter, lebar 58,6 meter dan row 23 kontainer di dek kapal.

MSC Maya diharapkan mulai masuk servis gabungan antara Maersk-MSC di aliansi strategis 2M, di rute Asia – Eropa (AE) dengan nama AE-2 / Swan loop. Kapal anyar ini bakal ngegantiin kapal sekelas Ebba Maersk (15.500 TEUs).

Siiiip, top markotop deh.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar