Selasa, 18 Agustus 2015

JT 180815 : Transformasi PT Djakarta Lloyd (DL)


Pendek kata, mayoritas masyarakat luas lebih percaya PT Pelayaran Djakarta Lloyd (DL) telah mati suri, ketimbang berkiprah secara diam-diam dalam beberapa tahun terakhir. Faktanya, pelayaran ini pernah terbelit hutang Rp 1,5 trilyun !

Angka yang fantastis dan perlu mukjijat untuk menghidupkan kembali perusahaan pelayaran pelat merah yang sempat terpuruk satu dasawarsa ke belakang. Pernah memiliki armada kapal sebanyak 24 unit dan terbilang gede  dimasanya.

Bahkan memiliki servis mendunia, dengan kantor perwakilan di sejumlah negara kala itu. Prahara melanda dan kini musim perbaikan telah tiba. DL mentransformasikan diri, dari sebuah perusahaan pelayaran menjadi “national logistics service provider”.

Hal itu diperoleh, saat menghadiri acara ulang tahun DL di Gedung Joang ’45, mulai jam 08.00 s/d selesai. Acara diisi dengan berbagai ritual upacara ulang tahun dan terakhir diisi dengan dialog interaktif dengan tema “ Tol Laut … Apa Kabarmu?”.

Ternyata dijawan oleh perwakilan tim Bappenas baik-baik saja. Pasalnya di tahun 2016-2019 akan dibangun 24 pelabuhan strategis dan memperkuat jaringan infrastruktur di Tanah Air. Harapannya lancar dan bisa maujud sesuai jadual yang sudah ditetapkan.

Di negeri ini, mana sih yang bisa on-time, begitu kira-kira. Apa-apa molor, apa-apa dikaitkan jam karet makanya untuk meyakinkan hal tersebut, dibutuhkan keyakinan dan komitmen sebuah bangsa. Bukan persoalan individu dan kelompok lagi.

Dari lingkungan terbatas di unit korporasi, DL bertekad bisa berkiprah dalam waktu dekat dan membuktikan kesaktiannya, menunjukkan jati diri sebuah perusahaan yang nyaris divonis mati tetapi akhirnya bisa bangkit kembali.

Masih belum percaya ? Tunggu tanggal mainnya. Tak lupa, selamat ultah untuk DL, semoga semakin bersinar dan sektor logistik menjadi tulang punggung industri DL di masa datang.


Sumber : Live.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar