Minggu, 29 Maret 2015

JT 290315 : “PIL” Beli 55 Persen Saham “Mariana”

Yang pertama dilacak Pembaca dan yang jarang membaca info di biz pelayaran adalah, siapa sih Marianan itu ? Dia bukan nama seorang cewek tetapi nama sebuah perusahaan pelayaran. Lengkapnya : “Mariana Express Lines” (MELL).

Nah karena udah lama naksir dengan bisnisnya yang lumayan, pelayaran yang berbasis di Singapura, “Pacific International Lines” (PIL) membeli 55 persen sahamnya namun tetap akan mengibarkan bendera MELL seperti apa adanya saat ini.

Salah satu pemegang saham MELL yaitu perusahaan terbuka di Hong Kong, sebuah perusahaan garmen dari grup Luen Thai yang beroperasi di Guam dan Mikronesia dimana MELL eksis. MELL berdiri tahun 1997 dan 2 tahun kemudian 45 persen saham MELL dibeli Luen Thai.

Saat ini, MELL mengoperasikan 8 (delapan) kapal dengan rata-rata kapal berkapasitas 650 – 1.700 TEUs, dengan kombinasi kapasitas mencapai 10.548 TEUs dan MELL dianggap cukup sukses menjalankan bisnisnya, walau 7 diantara kapalnya merupakan kapal sewa.

Cakupan servis MELL, dintaranya Mikronesia, Guam, Filipina, Borneo, Timor Timur dan Papua Nugini. Menurut media riset “Alphalier”, MELL memiliki perwakilan juga di Australia dan memiliki jaringan lumayan di Asia Timur.

Bagi PIL, akuisisi MELL bisa melengkapi servis yang diberikan oleh unit biz lain milik PIL juga yaitu “Pacific Direct Line (PDL). Pelayaran ini memiliki jaringan mencakup kepulauan Pasifik barat dan selatan. Mantep nih.

Untuk kawasan yang lebih luas lagi, PIL memiliki jaringan kapal feeder “Advance Container Line” (ACL) yang memiliki ruang lingkup di kawasan Asia Tenggara. PIL sendiri memilih melayani pelayaran jarak jauh, seperti ke Afrika, Amrik dan Eropa.

Lengkap deh dan masih haus mencari peluang bisnis. Lanjuuuuut.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar