Senin, 02 Maret 2015

JT 020315 : "Nome" Nominator Pelabuhan Alaska Yang Diperluas



Untuk menunjang pengembangan pelabuhan dan agar bisa meningkatkan daya saing di kancah internasional, setiap negara wajib melakukan inovasi. Salah satu pelabuhan laut dalam yang masuk negara bagian Alaska, bakal diperluas.

Maksudnya, pelabuhannya bakal dipercantik dan kapasitasnya ditingkatkan. Rencana tersebut sudah diajukan oleh US Army Corps of Engineers, khususnya pelabuhan Nome.  Pemerintah kota setempat kabarnya pun sudah menyetujui rencana tersebut.

Usulan tadi mencakup perpanjangan dam sepanjang 2.100 kaki, pembangunan dermaga anyar sepanjang 450 kaki dan pengerukan pelabuhan sedalam 28 kaki – demikian laporan media Alaska Dispatch. Ingat satuan kaki (feet), bukan hitungan langkah kaki manusia loh ya.

Pemilihan Nome sebagai salah satu pelabuhan pemenang kontes versi US Army Corps. diatas karena Nome memiliki fasilitas pendukung yang cukup baik, semisal rumah sakit, memiliki landasan pacu – demikian sebagai diungkap Bruce Sexauer seorang pekerja sipil yang bekerja di US Army Corps.

Kondisi Nome saat ini memiliki 2 (dua) dam, masing-masing sepanjang 200 kaki dan kedalaman pelabuhan sekitar 22 kaki doank. Musim panas ini baru akan dibangun dermaga ke-3 dengan panjang 200 kaki juga. Jadi totalnya ada 3 (tiga) dermaga di Nome.

Kedepannya, pelabuhan di  Alaska sebelah barat akan diperbarui secara bertahap oleh US Army Corps of Engineers. Congrats.

Sumber : HKSG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar