Sabtu, 14 Maret 2015

JT 140315 : Prospek Angkutan Bertarif 2 Juta Per 20'



Kalo disebut salah satu strategi pemasaran, untuk membuat heboh industri angkutan JKT-SUB p.p berguncang, bolehlah. Minimal membuat operator trucking maupun kereta api (KA) mengernyitkan dahi. Yakin bisa tha ?

Bisa ato ngga, itu masalah meyakinkan orang - itu kata Dirut Pelindo II, R.J Lino 'loh. Padahal kita tahu, saat ini volume kargo domestik alias antar pulau sedang memble, makanya dimunculkanlah peluang "memindahkan beban angkutan jalan raya via angkutan laut".

Persoalannya gak segampang itu. Saat kereta api (KA) menggenjot frekuensi keberangkatan KA Kontainer dari JKT memanfaatkan double-tracks railway, pengusaha truk saja sudah wanti-wanti, waduuuh ada pesaing baru. Kini, muncul lagi aksi Pelindo II & III, menggandeng 5 (lima) pelayaran nasional seperti : PT Meratus Line, PT Tanto, PT SPIL, PT CTP dan PT Temas Line.

Kalo dengar promosinya dan baca di koran dengan iklan setengah halamannya, kesannya wuiiih keren dan berani ya. Biasanya setiap pelayaran memiliki kepentingan sendiri dan sulit diajak kolaborasi, lantas apakah murni bisnis ato ada isu lain ? Entahlah. Kata sepakat diantara sesama operator di Tanah Air rasanya gak semudah itu.

Waktu terus berjalan, mending kita monitor saja. Seperti apa mimpi angkutan murah bertarif Rp 2 juta / 20' ini bisa terwujud. Ingat loh, itu baru dalam skema "port-to-port". Antisipasi tambahan biaya di pelabuhan asal dan pelabuhan bongkar plus biaya trucking.

Rujukan sebelumnya, silahkan baca : JT 060315 : “Pelindo” Buat Gebrakan Ro 2 Juta.

Selamat berhitung dan tetap waspada. Ciao.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar