Selasa, 10 Maret 2015

JT 100315 : Perkembangan Tol Laut, Gimana Ya ?


Ini kabar bagus ato sekedar basa-basa, silahkan dikaji sendiri ya. Bambang Prihartono,  Direktur Transportasi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) mengatakan pemerintah nekat memulai program tol laut meski secara ekonomis belum teruji.  

Menurutnya lagi, program tol laut ini sudah beroperasi sejak Februari 2015 dan di tahap awal rute yang digarap yaitu Sorong-Waisai dan Surabaya-Makasar. Rate lainnya ? Nanti dulu deh ...

Pada program ini, pemerintah mencanangkan transportasi menggunakan kapal besar yang beroperasi dari Sabang sampe Merauke secara terjadual tapi dari sisi ekonomi, kurang diminati karena blon ada kepastian barang yang diangkut. Lha iyalah ... emangnya dapet subsidi gitu?    

Di tahap awal, PT Pelni ditunjuk sebagai inisiator, setelah mendapat suntikan Penanaman Modal Negara (PMN) Rp 500 milyar. Ehm ehm ini sih lumayan ajep-ajep.

Dua rute tadi udah mulai dilayani PT Pelni namun pengoperasiannya belum sesuai dengan prinsip tol laut. Ehh ngomong-ngomong mau yang sesuai?  Coba deh rute Jakarta-Medan ato Surabaya-Banjarmasin, siapa tahu berhasil he he he. Disitu pasarnya ada dibanding rute tadi.

Hadeuh, milih rute koq yang sepi, ya bonyok dan mubazir. Ohhh tahu deh, karena ada Pelni ... ya ya ya. Lupa euy xi xi xi. Coba perusahaan lain dikasih subsidi serupa, pasti berjalan lancar. Rutenya pun lebih variatif. Cuma itu tadi, ada faktor lupa. Hmm hmm hmm.

Sumber: Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar