Minggu, 15 Maret 2015

JT 150315 : “MAIB” Rilis Foto “Alexandra 1” Vs “Ever Smart”




Kejadian tabrakan di laut, selalu mewarnai isu keselamatan industri maritim itu sendiri. Bagaimana mungkin laut segede itu masih memungkinkan terjadinya tabrakan dan lain sebagainya. Serahkan kepada ahlinya saja, kita minimal “wajib tahu”.

Nah, kabarnya kejadian tabrakan kapal ini terjadi bulan lalu, tepatnya  11 Februari 2015. Mohon maaf karena gak ada info yang sempat terendus untuk yang satu ini he he he. Canggih juga bisa ngeles ato kita yang gak baca informasinya ya? Entahlah.

Kembali ke pokok isu diatas. Belon lama ini, “Marine Accident Investigation Branch” (MAIB) yang bermarkas di Inggeris sana, merilis foto kerusakan akibat tabrakan tersebut. Kalo dilihat sepintas, wooow lumayan parah juga, terutama Alexandra 1.

Lokasi tabrakannya sendiri berada di Jebel Ali, daerah Timur Tengah. Kapal yang terlibat tabrakan yaitu kapal tanker minyak “Alexandra 1” sedangkan kapal kontainernya bernama “Ever Smart” milik Evergreen Line.


Lantas timbul pertanyaan, kenapa kejadian di Arab koq pake surveyor-nya dari Inggeris ? Gini lho. Kapal-kapal milik Evergreen itu didaftarkan di Inggeris Raya sehingga yang ditunjuk untuk menginvestigasi ya MAIB ini.

Kalo kapal tanker Alexandra 1, kebetulan terdaftar di Marshall Island. Adakah kepentingan ato surveyor yang ditunjuk pemilik kapal ato operator Alexandra 1 ? Sepertinya gak dilaporkan lebih detil. Bisa jadi ada namun tidak diekspos.

Sekali lagi nih, minimal kita tahu. Cheers.

Sumber : SN-TR, gCaptain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar