Rabu, 25 Maret 2015

JT 250315 : LA/LB Catat Rekor Waktu Antri Kapal

Bisa jadi, baru kali inilah pemerintah Amrik yang sering gembar-gembor jago ngobrak-ngabrik negeri orang lain, kini digerogoti oleh demo buruh di pelabuhan utama negeri Paman Sam : Los Angeles (LA) dan Long Beach (LB).

Jujur aja, sejak 2 (dua) minggu lalu sebenarnya sudah dicapai kesepakatan antara para-pihak yang bersengketa namun proses antri kapal kontainer di gerbang ekonomi negeri adidaya ini seolah lumpuh gak bisa bergerak cepat lagi.

Menurut info terakhir, kini ada 2 (dua) lusin kapal menanti giliran masuk dermaga – demikian menurut catatan media Inggeris, “Lloyd’s List”. Salah satu kapal yang sudah mengantri hampir 3 (tiga) minggu, yaitu “Xin Da Yang Zhou” (8.500 TEUs) milik operator CSCL.

Walau sudah digembar-gemborkan bahwa kompleks pelabuhan LA/LB sudah normal, namun dibutuhkan waktu untuk mengurai semuanya menjadi benar-benar ke kondisi pulih. Demo buruh selama berbulan-bulan cukup memberi dampak produktifitas pelabuhan anjlok abiiiiz,

Yuuuk kita tunggu 1-2 minggu ke depan, apakah ada perubahan significant ato masih gitu-gitu aja. Kapal kontainer yang parkir di alur sana ada 23 unit, Hmm hmm … berat juga. Pasalnya ukurannya gede-gede dan butuh waktu lama untuk bongkar muat.

Bismillah aja deh.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar