Sabtu, 21 Maret 2015

JT 210315 : Teroris “ISIS” Usik Biz “MSC Cruises” Di Tunisia



Industri pariwisata negeri ini bakal mengalami keterpurukan cukup lama apabila kasus penembakan membabi buta di sebuah museum nasional di Tunis, Tunisia gak bisa ditangani dengan baik. Korban meninggal berubah-ubah namun itu silahkan dicek sesuai kebutuhan saja.

Kita bukannya menyepelekan jumlah korban tetapi mengaitkan secara spesifik, emang ada kaitan apa dengan jurnal ini ato siapa pelayaran yang dirugikan ? Jelas ada dunk. Keduanya berkaitan erat : berhubungan dan menyangkut biz “MSC Cruises”.

Menurut info yang dirilis oleh pihak “MSC Cruises”, ada 12 (duabelas) penumpang yang meninggal akibat kekejian teroris ISIS di Tunis. Kapal MSC Cruises tengah sandar di pelabuhan La Goulette, Tunisia sejak Rabu lalu dan usai kejadian diperintahkan meninggalkan Tunisia segera.

Kapal yang tengah berlabuh di Tunisia yakni “MSC Splendida” dan ke-12 korban tadi 2 orang warga Kolombia, 3 Perancis, 3 Jepang, 2 Spanyol, 1 Inggeris dan 1 Belgia. Dua orang lainnya dikabarkan hilang namun ditemukan dalam keadaan selamat.

Menteri Pariwisata Tunisia, Ms Salma Elloumi Rekik menyebutkan korban tewas mencapai 20 orang dan Executive Chairman MSC Cruises, Pierfrancesco Vago langsung bertemu untuk membahas jalan keluar bersama. Dua teroris ISIS berhasil ditembak mati, 3 lainnya berhasil meloloskan diri.

Insiden di Bordo National Museum tersebut meninggalkan kesan berat bagi keluarga korban maupun pihak MSC Cruises. Di sisa musim liburan tahun 2015 ini, pihak MSC Cruises sepakat untuk memindahkan pelabuhan singgah Tunisia ke negara tetangga seperti Malta, Yunani, Sardinia dan Mallorca.

Ke-4 kapal yang bakal menghindari Tunisia dengan alasan keamanan dalam waktu dekat yaitu : “MSC Splendida”, “MSC Fantasia”, “MSC Preziosa” dan “MSC Divina”. Pihak MSC Cruises menyampaikan duka yang mendalam atas insiden di Bordo Museum tsb dan menunggu perkembangan lebih lanjut di Tunisia.

MSC Cruises merupakan bagian dari biz perusahaan pelayaran global “Mediterranean Shipping Co.” (MSC) yang bergerak dibidang angkutan kontainer dan saat ini menempati ranking 2 dunia. Apakah biz kontainer akan memiliki dampak yang sama dengan biz pariwisatanya ? Entahlah. Kita tunggu aja ya.

Ikut berduka cita dan ikut prihatin. Koq teroris ISIS jadi tambah narsis ya ? Hadeuuuuh .

Sumber : SN-TR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar