Rabu, 28 Januari 2015

JT 280115 : "Oman Drydock" Gandeng "DSME"



Bisnis harus tetap jalan, gimana pun caranya. Punya otak punya strategi punya modal, ya gak ada halangan dunk. Itulah yang coba dikombinasikan oleh pihak Kesultanan Oman, salah satu negeri kaya minyak di wilayah Timur Tengah.

Nah, emir-emir aja masih bisa memikirkan bagaimana caranya, dengan menguasai sumber daya alam tapi kekuasaan sepenuhnya ditangan mereka, tapi di negeri ini koq malah keblinger ya ? Yang kaya cuma segelintir doank, yang melarat masih segambreng alias banyak bingitz.

Mereka pegang duitnya, bayar profesional dan berjaya deh (walau gak 100 persen tapi mereka lebih makmur). Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam serupa tapi rakyatnya dibuat kelimpungan dan kehidupannya gak beranjak membaik. Ato masih beralasan, rakyatnya kebanyakan dan banyak suku ? So what gitu loh ...

Balik ke Oman, mari kita cermati bersama. Selama ini negeri kesultanan Oman gak pernah mendalami biz galangan kapal, ehh ngedadak sontak sekarang berminat membangun shipyard kelas dunia. Target kedepannya, menjadi salah satu pemain utama di biz galangan kapal berskala global.

Adalah "Oman Drydock Co." (ODC) yang memiliki niat tersebut dan kini tengah mempersiapkan diri. Nantinya kompleks galangan kapal terbesar dan terlengkap di dunia dengan nilai USD 1,5 milyar bakal beroperasi penuh. Didirikan tahun 2011 dan berlokasi di kota Duqm, 450 km sebelah selatan ibukota Oman yaitu Muscat.

Awalnya, ODC bermain di perbaikan dan konversi kapal tapi kedepannya akan merangsek pangsa konstruksi kapal anyar. Untuk memuluskan rencana tsb, ODC menggandeng salah satu pemain kelas dunia dan bermitra strategis dengan "Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering" (DSME), Korea Selatan.

Yang menjadi pertaruhan sekarang adalah meng-konversi kapal tanker "Olympic Luck" milik juragan Yunani, bobot 320.000 ton dan memiliki panjang 314 meter. Wooow. Lebih dari 1.000 pekerja terlibat dalam proyek dan bila berhasil, akan mengangkat reputasi ODC dan DSME menjadi salah satu galangan terbaru di Timur Tengah.

Congrats !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar