Jumat, 09 Januari 2015

JT 090115 : ”UASC” Terima Kapal Ke-2 "Al Murabba" 15.000 TEUs

Akhir November 2014 lalu, pelayaran Timur Tengah yang sedang disorot karena tajir, “United Arab Shipping Co.” (UASC) mendapatkana kapal terbarunya yang berbahan bakar LNG / gas alam cair dan ini adalah generasi pertama di kapal kontainer komersil global.

Kapal pertama yang diresmikan saat itu, namanya “Sajir” (15.000 TEus, ada juga yang menulis 14.993 TEUs toh dibulatkan menjadi 15.000 TEUs juga he he he) dan oleh biro klasifikasi dunia, DNV-GL kapal ini dimasukkan dengan kode “A15”.

Kini, UASC menerima kapal ke-2, “Al Murabba” yang dibangun oleh galangan kapal terbesar di dunia “Hyundai Heavy Industries” (HHI) Korea Selatan. Kapal ini dipesan oleh UASC pada tahun 2013 dan mulai dipanen sejak akhir tahun 2014 lalu.

Masing-masing kapal akan dilengkapi dengan 1.000 reefer-plug, bukan yang terbesar tetapi cukup untuk bisa mengakomodir pasar dulu. Al Murabba (seperti halnya Sajir), akan dioperasikan di rute Asia – Eropa (AE).

Untuk diketahui, terhitung awal tahun 2015, UASC akan berkolaborasi dengan pelayaran Perancis, “CMA CGM” dan pelayaran Tiongkok, “China Shipping Container Lines” (CSCL) dan membentuk aliansi strategis yang diberi nama “Ocean 3” ato dikenal dengan kode “O3”.

Nah, masing-masing pelayaran mempunyai nama masing-masing yang akan dipasarkan nanti. Bila UASC menyebut “AEC1” maka CMA CGM menyebutntnya “FAL8 dan CSCL mengemasnya dengan nama “AEX1”.

Congrats dulu deh ya. Ini kabarnya inovasi di industri  pelayaran global, apakah kapal komersil ini bisa leluasa mengisi LNG di semua pelabuhan besar ato hanya di pelabuhan tertentu saja kapal, ini bisa mengisi bahan bakar ?

Yuuuk kita simak saja perjalanan sang waktu.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar