Minggu, 11 Januari 2015

JT 110115 : Kapal 20.000 TEUs Siap Dipesan ?


Hmm … belum juga tuntas seluruh pesanan dikirim, ehh sudah ada lagi yang mo bikin gebrakan dan kejutan anyar. Seperti biasa, kapal kontainer yang dipesan lebih gede dan harganya pu pasti dahsyat. Demi tuntutan pasar dan juga prestise no problemo ‘lah.

Bulan Desember 2014 lalu, pelayaran Tiongkok mendapat kapal terbesar di dunia (hingga saat itu loh) yaitu “CSCL Globe” (19.100 TEUs) dan kini sudah mulai beroperasi di rute Asia – Eropa (AE). Ehh gak lama setelah itu, “MSC” langsung menyodorkan kapal terbarunya yang punya kapasitas lebih waaah, 19.337 TEUs.

Secara fisik MSC belum mendapatkan kapalnya, namun yang digadang-gadang yakni kapal “MSC Oscar” yang bakal diserahterimakan akhir Januari 2015 ini, bila tak ada kendala berarti dan jadual penyerahan tepat waktu.

Artinya, persaingan membangun armada kapal dengan julukan yang “TER”-besar dan lain sebagainya, membuat pelayaran tersebut boleh dibilang powerful dan layak disebut sebagai pelayaran “papan atas” (patokannya 10 besar dunia).

Kabar terakhir, galangan kapal Korea Selatan dan Tiongkok tengah berlomba menggaet duit yang bakal dibenamkan untuk membangun sekitar 30 unit kapal, berkapasitas antara 19.600 TEUs hingga 20.200 TEUs.
Pertanyaannya, siapa aja sih yang minat ? Ternyata, sudah ada permintaan dari “Maersk Line”, “OOCL” dan juga “Evergreen”. Pantesan pada berebut order supaya galangan ini dipilih. Duit yang bakal dibelanjakan USD 4,5 milyar ! Wadooow !

Beeeeuhhh, gimana gak ngiler lihat jumlahnya. Sok pasti kalo galangan tanggung gak bakal dapet. Harga kapal per unit diasumsikan berdasarkan harga saat ini, USD 150 jutaan per unit tapi Maersk sempat membayar kemahalan (sekitar USD 185 juta per unit) saat membangun kapal Triple-E 18.000 TEUs sekitar 3 tahun lalu.

Gak usah ngebahas, kenapa Maersk bisa beli kemahalan, itu duitnya mereka. Yang menarik, dari taksiran 30 unit kapal anyar ini, Evergreen kabarnya membutuhkan sekitar 11 unit, Maersk dan OOCL antara 4-6 unit. Yang lainnya belum ada.

Sekali lagi, ukuran pastinya bagi masing-masing pelayaran masih belum fix. Mohon bersabar karena begitu duitnya sudah jelas dan teknologi yang ditawarkan pas, gak lama lagi bakal tersebar ke seantero dunia.

Hari gini mo ditutup-tutupin. Susah kali yee. Yang bikin penasaran, justru siapa yang bakal order kapal 20.200 TEUs duluan he he he ? Khan bakal disebut sebagai pemecah rekor lagi tuh.


Sunber : Dari Sana-sini / Ilustrasi : Alphaliner.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar