Rabu, 07 Januari 2015

JT 070115 : “Hoegh Osaka” Dikabarkan Selamat

Setelah berbagai upaya dilakukan, akhirnya kapal pengangkut kendaraan ato lebih dikenal dengan car-carrier “Hoegh Osaka” yang kandas beberapa hari lalu, berhasil kembali ke posisi semula dengan bantuan air pasang dan dukungan sejumlah kapal tunda serta kapal pandu.

Kapal berbobot 51.000 dwt tersebut kandas dengan sudut kemiringan mencapai 45 derajat dan dinilai sebagian orang dengan kata “mengkhawatirkan”.  Namun berbeda dengan orang kapal, kandasnya kapal tersebut dinilai sebagai tindakan penyelamatan untuk risiko yang lebih besar.

Kapal kandas dekat pelabuhan Southampton, Inggeris dan kapal rencananya akan menuju Jerman dengan membawa 1.400 unit kendaraan mewah bermerek Range Rover dan Land Rover, milik perusahaan India Tata Motor Ltd.

Setelah kapal dinormalkan kembali, tahap selanjutnya adalah melakukan penilaian / assessment karena didalamnya terdapat ribuan kendaraan yang sudah diasuransikan dan dalam waktu dekat akan segera dicek kondisi fisiknya.

Menurut sebuah sumber yang gak mau diketahui identitasnya, nilai asuransi untuk keseluruhan kendaraan mewah tersebut senilai USD 151,80 juta, wooow bingitz ya. Sejauh ini, tim penyelamat (salvage team) belum menyerahkan berkas laporannya.

Keterangan dari pemiliki kapal “Hoegh Autoliners” menyebutkan bahwa kapal dikandaskan karena dengan alasan tertentu. Nah, apa alasannya, tentu bisa tahu setelah diinvestigasi oleh pihak berwenang. Saat ini, cukup berterima kasih. Kecelakaan tersebut tidak berakibat fatal dan membawa korban jiwa.

Karena kapten kapal dianggap berpengalaman, posisi kapal dikandaskan agak jauh dari pelabuhan supaya tidak mengganggu alur pelayaran internasional dan buktinya memang demikian. Tinggal membuktikan bahwa alasan dikandaskannya kapal tersebut karena merupakan tindakan preventif. Itu aja.

Ada bagian kapal yang dikabarkan retak sehingga air sempat masuk namun tidak seberapa membahayakan. Nah ini juga tidak diceritakan secara jelas, kriteria yang dimaksud membahayakan sampe level segimana, gitu.

Untuk selanjutnya, mending kita tunggu hasil penelusuran tim penyelidik. Tetap semangat. Oh ya, rujukan sebelumnya, silahkan baca JT 050115 : Kapal “Hoegh Osaka” Terdampar Di Bramble Bank.

Sumber : SN-TR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar